Cara Daftar Internet Banking Bank BRI (+gambar)

logo bank bri
Apa itu internet banking (IB)?
Internet banking adalah layanan perbankan yang pengoperasiannya menggunakan internet. Cara menggunakan internet banking nyaris sama dengan menggunakan sms banking. Bedanya kalo pakai sms banking itu proses kirim menggunakan sms di handphone, sedangkan pada internet banking harus terhubung ke internet, baik itu lewat pc maupun ponsel smartphone.

Jika Anda memilih untuk mengaktifkan Internet Banking pada rekening tabungan Anda, maka Anda harus mulai lebih waspada dan mengutamakan kehati-hatian. Terlebih jika Anda hanya bisa membuka internet di warnet, itu sangat berbahaya.

Internet Banking adalah layanan tingkat lanjut yang tidak diwajibkan. Artinya, nasabah berhak untuk mengaktifkan IB dan atau tidak menggunakannya dalam bertransaksi.

Tahap-tahap untuk mulai membuka internet banking bank bri, berikut diantaranya:

Memiliki rekening BRI
Jika belum punya, silahkan mendaftar terlebih dahulu dikantornya/ ditempat biasa orang mengambil uang atau mengirim uang di bank. Bedanya, jika ingin mendaftar, jangan daftar ke teller, karena mereka hanya melayani proses bertransaksi. Untuk membuka rekening baru atau menambah layanan, silahkan mendaftar ke Customer Servise (CS)

Untuk membuka rekening baru, Anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan berikut untuk dibawa bersama Anda:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta foto-kopinya
  • Siapkan uang minimal 100 ribu
  • Bawa handphone yang bisa menerima SMS, HP ini nantinya akan digunakan untuk mengajukan permohonan aktivasi mToken
Setelah bersyaratan diatas siap, segera pergi dan temui CS Bank BRI dan ceritakan apa yang Anda inginkan. Setelah rekening Anda selesai dibuat, saatnya membuat kartu ATM.

Membuat kartu ATM
Salah satu syarat mengaktifkan internet banking BRI adalah dengan memiliki kartu ATM BRI. Kartu ini bisa Anda gunakan untuk mengambil uang, transfer, bayar setoran, beli pulsa dan banyak lagi yang lainya. Semua itu dapat dilakukan langsung menggunakan mesin ATM. Biasanya setiap bank memiliki mesin ATM, tapi tidak sedikit juga yang tidak dilengkapi dengan mesin itu,.

Mulai Pengaktifan Internet Banking
Kunjungi Mesin ATM BRI terdekat dan masukkan kartu BRI yang ingin diaktifkan Internet Bankingnya
Cara Memasukkan Kartu ATM BRI Yang Benar, Cara aktivasi mToken BRI
  • Masukkan PIN Kartu ATM Anda (pin ini didapat saat membuka rekening baru dan Anda juga bisa mengganti pin itu di mesin ATM)
  • Masuk ke menu internet banking.
  • Ikuti petunjuknya dan Anda akan diberikan sebuah username(nama pengguna) dan diminta memasukkan password untuk internet banking Anda. Username dan password ini nantinya akan digunakan untuk aktivasi mToken.

Cara Mengaktifkan mToken Internet Banking

  • Jika Anda memiliki perangkat pribadi, misalnya laptop atau notebook, silahkan buka situs resmi Bank BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/Login.html
  • Masukkan username dan password yang barusaja Anda dapatkan saat registrasi. Masukkan juga captcha yang muncul pada layar komputer. Lalu tekan Enter.
  • Untuk pertama kali login, Anda akan diminta untuk mengganti password. Silahkan masukkan password yang sekarang lalu masukkan password baru.
  • Setelah berhasil mengganti password, buka menu mToken dan klik menu aktivasi mToken. Pada halaman ini Anda diminta memasukan kode yang diberikan melalui SMS tadi.
  • Harap perhatikan kode aktivasi mToken yang diterima lewat SMS, masa berlakunya terbatas seperti yang di jelaskan dalam SMS. Maka lakukan aktivasi secepatnya.
  • Pastikan juga kode server ID yang diterima via SMS cocok dengan yang ada di komputer. Masukkan kode aktivasinya dan tekan Enter.
Catatan
Setiap akan melakukan transaksi seperti transfer uang, pembelian, bayar tagihan dan lain-lain, Anda harus memasukan kode mToken.
Caranya ada di menu mToken. Bank BRI akan mengirim 5 mToken, satu mToken hanya bisa dipakai untuk sekali transaksi dan masa berlakunya ditentukan seperti yang tertera pada SMS.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini