Mengatasi Uncaught TypeError: Cannot read property 'title' of undefined

Menjadi seorang blogger memang banyak tugasnya, bukan hanya sekedar menerbitkan postingan lalu dibiarkan begitu saja tanpa dikontrol.

Beberapa hari yang lalu saya coba Inspect Elemen blog saya yang beralamat di www.askedboss.com (tekan tombol F12 di keyboard) dan memunculkan satu peringatan kesalahan yang isinya seperti ini "Uncaught TypeError: Cannot read property 'title' of undefined"
inspect element

Awalnya saya cukup bingung memahami kesalahan ini tapi ketika melihatnya lebih teliti, diakhir url yang ditampilkan muncul angka :1759

Saya berfikir bahwa kode ini adalah lokasi dimana kesalahan itu terdeteksi. Selanjutnya saya coba Open Source (CTRL+U) dan mencari lokasi keberadaan angka 1759.

Angka tersebut merupakan nomor urut dari kode-kode yang ada di blog dan saya menemukan ini:
Open Source

Saya-pun bingung untuk yang kedua kalinya. Oke, sekarang lokasi kesalahan sudah didapatkan. Terus, apa sintax yang error itu sehingga memunculkan sebuah kesalahan.

Javascript tersebut berhubungan dengan feed JSON yang saya gunakan untuk menampilkan posting menurut kategori tertentu.

Pada bagian numposts (jumlah posting yang ditampilkan saya buat 4 buah) akan tetapi kenyataannya postingan saya dengan kategori tersebut (label) tidak mencukupi dan baru 2 buah saja. Itulah yang menjadi penyebab kode error ini muncul.

Karena jumlah posting baru siap 2 buah saja, maka saya mengganti isi numposts menjadi jumlah maksimal, yaitu 2. Alhasil kesalahan tersebut tidak muncul kembali.

Trik ini saya dapatkan karena saya sendiri juga pernah mengalaminya. Semoga bermanfaat..
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini