Pertolongan Pertama yang Benar Jika Digigit Ular Berbisa

Gigitan ular beracun 'Snake bite' dapat menjadi penyebab hilangnya nyawa seseorang jika tidak diatasi dengan baik dan benar.

Menjadi manusia yang cinta kesehatan, sebaiknya kita belajar mencari tahu tentang ciri-ciri ular berbisa dan bagaimana cara menyembuhkan luka akibat tergigit ular agar tetap sehat dan jauh dari resiko mengerikan ini.

Apabila terlanjur kena gigitan ular, usahakan untuk mengetahui apakah ular tersebut berbisa atau tidak, hal ini bisa diketahui dengan melihat bekas taring ular pada anggota tubuh yang tergigit (berarti berbisa).

Akan tetapi jika masih ragu, untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak diinginkan, sebaiknya anggap saja ular tersebut adalah berbisa. Anda dapat mengetahui contoh bekas gigitan ular melalui ilustrasi dibawah:
contoh bekas gigitan ular berbisa
gambar bekas gigitan ular berbisa

Tanda gejala yang bisa diidentifikasi saat terkena gigitan ular berbisa antara lain: bengkak dan kemerahan, demam, mual, muntah, dan sakit kepala.

4 Langkah Pertama Mencegah Racun Ular Menyebar di Peredaran Darah

  1. Sebaiknya menjauh dari lokasi, dan segera hubungi teman, keluarga atau siapapun yang ada didekat Anda untuk menghubungkan kerumah sakit terdekat.
  2. Lakukan Imobilisasi/ jangan banyak bergerak. Aktivitas berlebihan dapat menyebabkan bisa ular mengalir lebih cepat ke pembuluh darah.
  3. Gunakan kain bersih dan tali untuk mengikat bagian tubuh yang tergigit. Ikatan harus kencang dan kendorkan setiap 15 menit sekali dengan durasi maksimal satu menit.
  4. sayat gigitan ular
  5. Jika rumah Anda jauh dari pusat pelayanan kesehatan/ rumah sakit (perjalanan lebih dari 30 menit), buat sayatan menyilang di daerah gigitan dengan silet atau alat serupa yang bersih, keluarkan bisanya dengan cara di sedot menggunakan spuid/ jarum suntik (lepas dulu jarumnya).
    PERINGATAN : Jangan sekali-kali menyedot dengan mulut. Kalau tidak ada spuid bisa dengan cara mengurut perlahan hingga bisanya keluar, tapi tidak usah sampai bekas gigitan dipegang.
Demikian langkah-langkah pertema yang wajib dan harus dilakukan untuk mengatasi racun ular agar tidak menyebar luas ke bagian tubuh yang sesnsitif. Semoga bermanfaat.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini