Ingin Jadi Pilot GARUDA, ini Syarat Masuknya

syarat menjadi pilot pesawat terbang garuda, tips dan trik agar diterima sekolah penerbangan
Pilot Garuda - foto by: Detik.com

Setiap tahun PT Garuda Indonesia Tbk mendatangkan rata-rata 20 unit pesawat baru untuk memperbesar armadanya. Tentu saja ini harus diimbangi dengan jumlah pilot untuk menerbangkan pesawat-pesawat itu, maskapai pelat merah ini membutuhkan rata-rata 80 pilot baru setiap tahun.

Seperti dilansir Detik Finance, Direktur Operasi Garuda Novianto Herupratomo menuturkan bahwa untuk dapat menjadi pilot di Garuda, harus terlebih dahulu mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan yang telah bekerja sama dengan Garuda. Apasaja sekolahannya?

Saat ini Garuda telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Curug dan Bali International Flight Academy (BIFA). Garuda tidak menetapkan sayarat yang terlalu rumit bagi lulusan dua sekolah penerbangan ini. Hanya saja, pihaknya telah terlebih dahulu menetapkan syarat peserta didik di sekolah penerbangan itu harus dibekali dengan kemampuan khusus, seperti bahasa Inggris dan kualifikasi lain. Jadi seleksinya lebih banyak dilakukan oleh sekolah. Kalau sudah masuk di sekolah penerbangan, masuk ke Garudanya tinggal psikotes dan wawancara saja.

Setelah lulus dari sekolah penerbangan itu, Garuda masih akan memberikan pelatihan selama 3-6 bulan sebelum pilot yang bersangkutan benar-benar dipercaya untuk menerbangkan pesawat milik perusahaan.

Pelatihan ini diberikan untuk membiasakan calon pilot dengan sistem operasi pesawat-pesawat milik Garuda yang akan diterbangkannya.

Garuda hanya akan mengambil tenaga penerbang dari Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar industri penerbangan tanah air dikuasai sepenuhnya oleh anak bangsa. Meskipun begitu, saat ini masih ada penerbang yang berasal dari luar Negeri, tapi tidak banyak.

Saat ini, sedikitnya telah ada 1200 pilot yang sudah siap terbang, termasuk pilot dari luar Indonesia. Pilot asing sekitar 6% akan menerbangkan pesawat jenis Bombardier CRJ 1000 dengan kapasitas 96 kursi. Namun pilot asing sifatnya hanya sementara. Jika pilot dari dalam negeri telah siap, maka pilot asing akan digantikan oleh pilot dari Indonesia.

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada Agustus 2014. Mungkin saat ini telah banyak perubahan peraturan dan atau jumlah pesawat dan jumlah pilot yang dibutuhkan.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini