Manfaat Daging Tokek Secara Ilmiah yang Jarang Diketahui

contoh gambar tokek, jenis-jenis tokek, ciri-ciri tokek, manfaat tokek, mitos tokek
Banyak orang yang bertanya, mengapa harga tokek bisa menjadi sangat mahal. Bahkan ini sangat tidak sebanding dengan hewan lainnya yang memiliki tubuh jauh lebih besar.

Jika kita belum atau tidak mengetahui penyebabnya, terkadang kita hanya bisa menduga-duga, ada yang bilang tokek digunakan untuk acara spiritual, untuk pesugihan dan lain sebagainya. Apakah itu benar? Saya sendiri sampai saat ini tidak percaya akan hal itu, karena ditempat kami tidak ada yang menggunakan tokek untuk kepentingan ghoib dan mistik.

Tokek yang memiliki kualitas baik sangat dicari oleh para pembisnis tokek. Baik itu tokek rumahan maupun tokek batu dan tokek hutan. Sedangkan untuk menilik harga yang mungkin tembus hingga ratusan juta bahkan milyaran, para pembeli akan melihat berapa bobot dari si tokek dan berapa panjang dari si tokek tersebut.

Baca juga: Cara Mengukur Tokek yang Benar

Saya pernah membaca hasil penelitian terhadap daging tokek oleh Medicalnewstoday, yang mana uji-coba dilakukan menggunakan hewan percobaan tikus yang berjenis kelamin betina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging tokek tidak hanya dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan suatu organisme namun juga berfungsi untuk menginduksi sel-sel tumor opoptosis yaitu sel-sel tumor yang dapat menghancurkan dirinya sendiri dalam jaringan. Selain itu daging tokek mampu menurunkan aktivitas dari protein VEGF dan BFGF.

Ini baru satu hasil penelitian yang saya tulis, masih ada lagi manfaat lain secara medis dan ilmiah, yaitu untuk pengobatan penyakit HIV/AIDS. Penyakit jenis ini memang susah disembuhkan, kalaupun bisa harga atau upahnya pasti sangat mahal, sehingga tak heran mengapa bahan mentah yang digunakan sebagai obat juga terbilang sangat mahal.

Baca juga: Jenis Tokek dengan Harga 1 Milyar per Ekor

Penelitian tentang khasiat bagian-bagian dari tokek dilakukan beberapa kali oleh para peneliti dari penjuru dunia untuk mencari tahu manfaat lain sekaligus mencari apakah daging tokek memiliki efek samping jika dikonsumsi dari hasil penggorengan.

Sebagian besar orang tidak mengetahui akan hal ini. Kebanyakan mereka akan merasa terganggu dengan kehadiran tokek disekitar rumahnya karena hampir setiap hari mengeluarkan suara yang mirip nengan namanya, yaitu TOKK.. ..KEEEK.. ..TOKK.. ..KEEEK..
Selain itu, tokek juga akan mengeluarkan kotoran layaknya hewan lain. Jika mereka tahu tentang tingginya harga tokek, pasti mereka akan menyesal telah mengusirnya.

Sejarah Pengobatan dengan Tokek

Sejarah pengobatan mencatat bahwa daging tokek sudah puluhan tahun digunakan sebagai obat tradisional dalam pengobatan China untuk menyembuhkan berbagai penyakit, selain itu daging tokek sering disajikan sebagai salah satu menu makanan yang menjadi favorit orang China. Orang China percaya bahwa daging tokek berkhasiat ampuh untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, penyakit asma, dan dapat meningkatkan stamina kaum lelaki.

Kabarnya, tokek yang panjangnya dibawah 30cm hampir tidak laku. Kalaupun ada yang membeli, harganya tidak seberapa, paling tinggi sekitar ratusan ribu saja. Kemudian tokek harga murah akan di ekspor ke China untuk pengobatan.

Penelitian secara farmakologi terhadap daging tokek masih sangat sedikit. Namun dari uji klinis oleh seorang profesor dari Henan University of China, daging tokek yang diujikan ke makhluk hidup daging tokek menunjukkan efek positif terhadap tumor ganas yang dapat mengurangi tahap pembelahan sel abnormal sehingga tumor perkembangannya lebih lambat. Jurnal penelitian ini pertama kali dipublikasikan dalam World Journal of Gastroenterology. Penelitian ini dilanjutkan oleh Prof. Wang untuk mengetahui bagaimana interaksi zat yang terkandung dalam daging tokek ini sehingga dapat sebagai antitumor.

Hasil penelitian yang kami paparkan dihalaman ini tentu tidak semuanya dan semoga ini bisa dijadikan sebagai referensi Anda dalam tugas pendidikan atau menambah wawasan seputar manfaat tokek.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini