Perbedaan Utama Antara Pemerkosaan, Cabul dan Sodomi

gambar cabul, foto sodomi
Ilustrasi cabul - foto by: Google

Mungkin Anda pernah mendengar ada kasus pencabulan atau sodomi yang dilakukan oleh oknum tertentu terhadap seorang anak yang umurnya lebih kecil/ muda terjadi di Indonesia ini.

Lantas apa yang dimaksud dengan Cabul dan apa perbedaan dengan Sodomi?
Sekilas istilah ini mirip dengan pemerkosaan, namun yang membedakan adalah status dari korban dan tersangka.

  • Definisi Perkosa
Secara umum, pemerkosaan adalah tindakan dimana seorang pelaku atau segerombolan orang mengajak secara paksa/ pemaksaan ke lawan jenis yang sudah cukup umur.

  • Definisi Cabul
Secara umum, pencabulan adalah tindakan dimana orang dewasa berhubungan layaknya sebagai suami istri terhadap anak dibawah umur dengan jenis kelamin berbeda.

  • Definisi Sodomi
Secara umum, men-sodomi adalah tindakan dimana orang dewasa berhubungan layaknya sebagai suami istri terhadap anak dibawah umur dengan jenis kelamin yang sama.

Adapun pasal-pasal dan hukuman yang berlaku untuk perbuatan Cabul dan Sodomi seperti berikut ini:

Pasal Pencabulan

Pasal 82 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
“Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul, dipina dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan paling singkat 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) dan paling sedikit Rp. 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah).”

Pasal Sodomi

Pasal 292 Kitab Undang-undang Hukum Pidana
“Orang dewasa yang melakukan perbuatan cabul dengan orang yang belum dewasa dari jenis kelamin yang sama, sedang diketahuinya atau patut harus disangkanya hal belum dewasa itu, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun.”
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini