Apa Itu Vermiculite dan Berapa Harganya Serta Untuk Apa

Vermiculite merupakan bahan alternatif untuk media tanam sebagai pengganti tanah. Vermiculite terbuat dari mineral yang sangat baik untuk pembibitan dan pertumbuhan tanaman. Pemakaian Vermiculite & Perlite bisa dicampur dengan media lain atau murni.

Selain digunakan untuk dunia tumbuhan, vermiculite juga kerap digunakan untuk mempertahankan kelembapan di area tertutup. Misalnya untuk budidaya jangkrik, dan lainnya. Jika digunakan pada tanaman, Vermiculite harusnya dicampur dengan Perlite sesuai takaran agar hasilnya bagus.


Apa itu Perlite dan Vermiculite?

perbandingan takaran yang pas untuk Perlite dengan Vermiculite
Takaran yang pas untuk Perlite, Vermiculite dan tanah sesuai dengan umur tanaman

Baik Perlite maupun Vermiculite (vermikulit) memiliki fungsi yang sama, keduanya adalah lapisan mineral silica yang telah mengalami proses pemanasan pada suhu yang tinggi. Pemanasan tersebut telah mengakibatkan mineral mengalami pengembangan seperti pada jagung (pop corn). Hasilnya, bahan yang steril porositas tinggi yang mampu menyerap air dalam jumlah banyak dengan cepat serta mudah dikeringkan. Vermiculite digunakan untuk meningkatkan volume, drainase dan aerasi dari media perakaran. Selain itu vermiculite juga tahan terhadap proses pengompakan selama proses pertumbuhan stek atau semai.

Mana yang lebih bagus?

Keduanya sama-sama bagus dan lebih bagus lagi jika disatu padukan.
Berikut perbedaannya:
Perlite memiliki lebih banyak menyimpan nutrisi yg dibutuhkan tanaman serta drainase lebih baik. Sedangkan Vermiculite memiliki kelebihan pada kelembaban lebih baik dan dapat menahan lebih banyak kalium, kalsium dan magnesium

Berapa Harga Perlite dan Vermiculite

PERLITE (Ukuran 3-5mm) - HARGA sekitar Rp.40.000 / 5 Liter
VERMICULITE (Ukuran 1-2mm) - HARGA sekitar Rp.45.000 = 3 Liter

Harga ini tidak akan sama disetiap toko. Anda bisa mencarinya secara online atau coba tanyakan pada toko-toko tanaman dan apotik.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini