Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Otomatis di Android Samsung

Sebelum memulai pemecahan masalah, saya ingin berbagi pengalaman saya selama menggunakan hp samsung DUOS. Ponsel yang saya gunakan selama ini adalah Nokia biasa, pulsa tidak pernah berkurang jika tidak dipakai untuk sms, telfon dan internetan.

Karena lagi ngetren, saya iseng-iseng beli hp samsung untuk dibawa ngumpul bareng teman-teman. Saya sampai rela memotong kartu saya untuk dipasangkan ke android, karena lebar penempatan kartu samsung duos lebih sempit, jadi harus dipotong pinggirannya.

Awalnya saya sangat terkejut ketika melihat pulsa saya yang tiba-tiba menghilang, setiap hari dicek dan terus berkurang, lama-lama habis juga, tinggal 5 rupiah, padahal awalnya diisi 20ribu dan belum dipakai untuk apa-apa.

Kemudian di hp samsung DUOS 4 ada drop menu di bagian layar. Apabila layar di sentuh bagian atas dan diseret kearah bawah akan muncul beberapa tombol pintas. Salah satunya adalah Data Seluler. Orang bilang apabila bagian Data Seluler dimatikan, maka sinyal internet tidak aktif dan untuk telfon maupun sms masih bisa.

Saya coba menggunakan trik tersebut. Untuk mencoba, saya isi pulsa sepuluh ribu, lagi-lagi setelah beberapa hari kemudian, pulsa habis lagi, padahal tidak pernah digunakan untuk telfon, sms pun jarang, buka internet juga tidak pernah.

Saya telusuri lagi, rupanya widget Lokasi masih aktif. Seperti pada keterangannya:
Izinkan layanan lokasi Google membantu aplikasi menemukan lokasi Anda dengan cepat dan akurat untuk menghemat penggunaan baterai. Data lokasi anonim akan dikirim sesekali ke Google, meski tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.

Harap dibaca baik-baik pada bagian: Data lokasi anonim akan dikirim sesekali ke Google. Ini berarti akan ada data internet yang dipakai meskipun fitur Data Seluler sudah di Non Aktifkan.

Jadi, untuk membuat pulsa Anda benar-benar aman, silahkan matikan Data Seluler dan juga matikan Lokasi ketika tidak menggunakan internet. Untuk membuka internet, Anda harus mengaktifkan kembali fitur Data Seluler.

Tips tambahan

Ada pilihan lain yang dapat Anda pakai. Jika Anda ingin layanan BBM, WhatsApp, Facebook SMS dan aplikasi lain yang menurut Anda penting, Anda bisa mengaktifkan paket internet. Sebaiknya pilih yang unlimited/ tanpa batas kuota jika data yang Anda gunakan cukup besar.

Membuka internet dengan jaringan 3G/HSDPA/H memakan data lebih banyak daripada GPRS/G, jadi paket data 1 GIGA/bulan itu cukup pas-pasan jika Anda tidak terlalu aktif membuka internet. Membuka video online/ streaming akan menyedot kuota sangat besar, misalnya seperti menonton video di YouTube dan situs streaming lain, seperti nonton TV Online misalnya.

Jika Anda sedang tidak membutuhkan SMS, telfon dan internet, Anda juga bisa mengaktifkan profil Pesawat Terbang/ Penerbangan. Dengan mengaktifkan profil ini, maka saya dapat menjamin 100% bahwa pulsa Anda tidak akan pernah berkurang satu rupiah-pun. Tapi perlu diingat bahwa sms tidak akan bisa diterima dan juga tidak bisa dikirm. Begitu juga dengan panggilan atau miss call yang tidak bisa masuk.

Cara Melihat Tombol Data Seluler dan Lokasi


Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Otomatis di Android Samsung
Seret kebawah hingga muncul beberapa tombol
Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Otomatis di Android Samsung
Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Otomatis di Android Samsung
Cara Mengatasi Pulsa Berkurang Otomatis di HP Android Samsung
Matikan tombol Lokasi dan Data Seluler - Warna kuning tandanya menyala

Bagaimana sobat, apakah informasi ini bermanfaat..?
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini