Cara Mengatasi Stres Tanpa Obat-Obatan

Sebagai langkah pertama mengobati stres adalah dengan belajar menyadari stres.
Gejala stres bisa jadi karena aktifitas berlebihan sehingga menyebabkan kelelahan, kehilangan nafsu makan, insomnia atau mungkin tidur berlebihan dan sakit kepala.

Anda perlu menghindari stres, stres bisa muncul akibat mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan, atau perilaku kompulsif lainnya. Aktifitas dibatasi atau dipaksa untuk tidak melakukan sesuatu yang menyenangkan, frustrasi atau apatis sering menimbulkan stres.

Jika Anda merasa bahwa stres mempengaruhi studi Anda, pilihan pertama adalah mencari bantuan melalui pusat konseling pendidikan Anda.

Ketika stres adalah untuk mengelola situasi, orang-orang, kasus permintaan yang berlebihan, kemampuan untuk mempertahankan kontrol.

Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi stres? Pakai strategi apa?


Lihatlah di sekitar.
Cari tahu apakah sesuatu benar-benar dapat mengubah atau mengelola situasi lingkungan Anda.

Pelajari bagaimana Anda dapat bersantai untuk diri sendiri. 
Meditasi dan latihan pernapasan telah terbukti sangat efektif dalam mencegah sekaligus mengobati stres. Mempraktekkan apa yang harus Anda perbaiki dalam hidup untuk sebuah ketenangan.

Silahkan koreksi tujuan yang realistis untuk diri sendiri. 
Mengurangi jumlah kegiatan yang harus dilakukan dalam hidup Anda. Ini juga akan mengurangi sirkulasi beban kerja yang berat.

Jangan buang keringat oleh sesuatu yang tidak berguna. 
Nyata dan penting untuk menentukan prioritas ini, sehingga Anda dapat bersantai dan fikiran tidak akan terbebani oleh tugas-tugas yang menumpuk.

Perbaiki cara pandang Anda
Belajar mengenali apa yang menyebabkan stres. Meningkatkan umpan balik tubuh Anda dan membuat stres mengatur untuk diri sendiri.

Silakan menghindari reaksi yang ekstrim. 
Mengapa saya benci jika sedikit terganggu? Mengapa Anda menghasilkan kecemasan ketika Anda jengkel? Mengapa kemarahan dan emosi sulit dibendung? Apakah timbul kekecewaan ketika sedang sedih?

Jangan ganti jam tidur dengan pekerjaan. 
Kurangnya istirahat hanya akan memperburuk keadaan dan stres mudah datang.

Menghilangkan stres dengan aktifitas lain
Misalnya jogging atau olah raga atau aktivitas fisik melalui berkebun.

Hindari obat. 
Meskipun alkohol dan obat-obatan mungkin mungkin dapat mencegah stres, tapi ini tidak membantu untuk menangani masalah mendasar.

Hindari aktifitas yang membosankan 
Perasaan yang bosan sering kali membuat galau. Anda perlu bermain disela penatnya pekerjaan. Jika tidak memungkinkan, usahakan menghibur diri sendiri, misal mendengar musik atau menciptakan suasana baru
URL

2 Tanggapan » Lihat

Salam kenal dari saya, kalau stress penyebabnya dari sebab yang lain (non medic). Gimana cara atasinya ? Trims

Iya, salam diterima. Silahkan infokan lebih lanjut tentang masalah yang sobat alami, karena saya belum paham dengan pertanyaannya. Atau jika enggan dilihat orang banyak, bisa kirim pertanyaan ke email. Terimakasih..

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini