Cara Setting Blogspot Custom Domain Jogjahost dan Ardetamedia

Jika Anda telah membeli domain di jogjahost ataupun di ardetamedia dan ingin menggunakan hosting gratis dari blogger, silahkan ikuti panduan dibawah ini:

Langkah 1

Kirim ticket baru (ajukan pertanyaan) ke customer service. Jika Anda beli lewat ardetamedia.com silahkan kirim ke http://member.ardetamedia.com/submitticket.php?step=2&deptid=1
kirim ticket

Pada isi judul pesan, tulis saja seperti ini: "Tanya User Login wam.manage.name" Sedangkan pada isi, silahkan tulis apa yang inginkan, atau bisa juga nyontek punya saya:
Hello jogjahost, saya barusaja membeli domain dan ingin menggunakan blogger sebagai hosting saya. Saya minta rincian login ke wam.manage.name untuk setting DNS
domain saya adalah www.kangsigit.com
Terimakasih..

Pada bagian Layanan Yang Berhubungan, bisa dipilih domain yang akan disetting DNS_nya dan atau dikosongkan juga tidak apa-apa

Secepatnya Anda akan menerima balasan dan username serta password dikirimkan ke E-mail terdaftar Anda. Silahkan cek inbox dalam email, jika tidak ada, cobalah periksa bagian spam


Langkah 2

Masuk ke https://wam.manage.name dan isikan rincian login seperti yang dikirimkan dalam email Anda untuk login.

Ingat, jangan klik dua kali atau dobel klik saat mem-blok password yang ada didalam email, karena akan ada spasi dibelakangnya.

Jika demikian, silahkan hapus satu karakter dibelakang agar spasi itu hilang sebelum menekan tombol login.
login

Setelah berhasil login, silahkan klik nama domain Anda dan Anda akan diarahkan ke halaman setting seperti gambar dibawah
login

Setelah itu, perhatikan baik-baik link yang muncul. Pada hasil screenshot dibawah menunjukkan bahwa tombol link muncul sempurna (lengkap). Anda tidak akan melihat link seperti ini, karena ini memerlukan beberapa tahap untuk menampilkannya.
DNS

Untuk memulai, klik tombol Modify DNS, lalu update ke nameserver :
  • ns1.ezydomain.com
  • ns2.ezydomain.com
update name server

Tujuan update nameserver disini adalah untuk memunculkan menu "DNS Hosting" agar bisa menambah CNAME dan IP Address A. Untuk menyimpan, klik tombol Save atau Submit.

Untuk saat ini tombol DNS Hosting belum bisa ditampilkan sebelum halaman dimuat ulang. Jadi, silahkan refresh halaman Anda dengan menekan tombil F5 pada keyboard, atau bisa juga dengan pakai langkah seperti diawal, yaitu kunjungi kembali https://wam.manage.name dan masukkan lagi username serta password dan tantangan captcha

Menu halaman akan bertambah dan link DNS Hosting telah muncul. Silahkan klik tombol tersebut dan setting seperti langka-langkah dibawah:

Ohya, jika sebelumnya Anda telah mengunci registrasi domain pada member area, maka link Modify DNS akan disable atau mati atau tidak bisa di klik, contohnya seperti ini:
error

Solusinya, silahkan Anda kunjungi halaman http://member.ardetamedia.com/clientarea.php?action=domains

Silahkan beri centang atau checklist pada salah satu domain Anda dan pada dropdown, pilih Registrar Lock Status dan ubah status dari Aktif menjadi Non Aktif agar link Modify DNS menjadi aktif atau enable.
registrar domain

Selanjutnya, kembali fokus ke wam.manage.name. Setelah Anda klik tombol DNS Hosting, Anda akan diarahkan ke tempat setting DNS
DNS Hosting

Langkah 3

Pada menu IP Address A, silahkan isi kolom dengan IP Address Google. Kita meminjam IP Google karena kita menggunakan hosting miliknya. Ke-empat kolom tersebut diisi dengan IP berikut:
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
Klik Save untuk menyimpan perubahan
wam.manage.name

Langkah 4

Masuk ke setelan dasar blogger klik link Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda dan ketik nama domain Anda, setelah itu klik Simpan.
domain jogjahost

Anda akan melihat peringatan kesalahan "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 12."
Silahkan salin CNAME pada laman kesalahan tersebut ke tempat setting DNS menu Aliases (CNAME) seperti contoh dibawah
cname record

Setelah itu, klik Save untuk menyimpan.

Untuk propagasi name server, kecepatan biasanya tergantung banyak atau tidaknya jumlah posting sebelumnya. Jika subdomain baru yang belum ada postingannya, kurang dari 10 menit harusnya sudah bisa online.

Pengalaman saya selama menggunakan layanan Ardeta Media, jika Anda tidak mampu setting DNS dan meminta bantuan dari pihaknya sepenuhnya, maka Anda cukup membayar biaya tambahan sebesar 50ribu, tapi jika Anda mengikuti step by step dengan benar, maka Anda tidak perlu takut untuk gagal.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini