Panduan Lengkap Cara Budidaya Jangkrik (+Gambar) - Bisnis Jangkrik

Jangkrik(kriket) banyak dicari-cari oleh kebanyakan penghobi binatang. Hewan yang masuk jenis serangga ini terkenal untuk digunakan sebagai pakan burung.

Pada zaman sekarang, sudah hampir merata para pembudi daya jangkrik disetiap pelosok desa maupun perkotaan. Ini tentunya akan memudahkan kita untuk mendapatkannya.

Namun apakah Anda pernah berfikir bahwa jika dihitung, membeli jangkrik eceran di toko-toko setiap seminggu sekali tentunya Anda harus merogoh kantong Anda lebih dalam. Lebih-lebih jika hewan peliharaan Anda sudah banyak, bisa-bisa jebol kantong Anda :)

Nah, dengan memelihara jangkrik sendiri akan dapat menghemat pengeluaran Anda. Bahkan jika Anda menerapkan teori ini dengan tepat, bukan hal mustahil bagi Anda untuk dapat menjadi pengusaha jangkrik yang besar dan terkenal.

Siapkan wadah utama

tempat yang bagus untuk program perkembangan jangkrik unggul
Siapkan wadah untuk menampung jangkrik

Belilah beberapa kontainer atau tangki besar. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa dengan membuat sendiri secara manual menggunakan bahan dari triplek ataupun papan.

Anda membutuhkan bahan ini untuk menjaga jangkrik Anda dari bahaya serangan hewan lain dan menjaganya agar tidak kabur. Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda siapkan minimal dua buah kontainer, satu untuk jangkrik dewasa yang sedang berkembang biak dan satu lagi disiapkan untuk tempo jangkrik muda.

Tentukan berapa banyak Anda mengingikan jangkrik itu berkembang biak dan belilah wadah sesuai dengan ukuran agar jangkrik tidak berubah menjadi kanibal yang memangsa rekan-rekannya.

Ingat, jangkrik adalah sejenis serangga yang dapat memakan jangkrik lain jika kondisinya sedang terancam. Wadah yang terlalu sempit merupakan salah satu faktor pemicu jangkrik menjadi ketakutan akan tidak kebagian tempat dan akhirnya saling bunuh untuk mengurangi populasi didalam kandang.

Salah satu kesalahan besar para peternak pemula yang menginginkan produksi jangkrik meledak namun tidak menyesuaikan antara jumlah jangkrik dengan lebar wadah yang memadai. Ketika jangkrik berkembang biak dalam ruang yang sangat terbatas, mereka benar-benar dapat memakan satu sama lain, sehingga mereka akan melihat jangkrik menjadi lebih sedikit karena telah mati terbunuh. Ini bukan sesuatu yang Anda inginkan bukan.? Jadi, pastikan untuk membeli tangki yang cukup besar!

Wadah yang layak untuk menjaga jangkrik agar tidak kabur.

Galon kontainer (53 Liter) dapat menyimpan koloni jangkrik lebih dari 500 buah dengan kardus atau telur peti yang cukup untuk naik. Permukaan wadah yang halus dapat mengurangi jumlah pelarian. Jika wadah yang Anda gunakan terlalu kasar, misalnya papan yang tidak di amplas, maka Anda perlu memberi bahan pelicin agar jangkrik tidak merangkak kabur. Anda bisa menambahkan lakban atau les motor mengelilingi ruang wadah penuh.

Melubangi wadah untuk menghindari jangkrik kehabisan oksigen

cara membuat kandang jangkrik yang tepat
Lubangi tutup wadah jangkrik sebagai ventilasi

Berilah lubang sewajarnya pada bagian tutup wadah sebagai ventilasi agar udara dapat keluar masuk. Sebaiknya jangan terlalu lebar dan juga jangan terlalu kecil, usahakan juga lebar lubang mencukupi untuk tangan bisa masuk dengan longgar.

Pada lubang ventilasi, berilah pengaman berupa kawat jeruji, kami lebih akrab menyebutnya sebagai strimin yang cukup sempit (seukuran dengan ujung lidi). Anda juga bisa menggunakan bekas raket nyamuk untuk menutup ventilasi, hal ini dilakukan untuk mencegah pelarian jangkrik.

Tambahkan lapisan lantai wadah dengan vermikulit.

produksi jangkrik terbaik

Tempatkan 1-3 vermikulit di bawah wadah kecil untuk memberi jangkrik dapat berjalan di atasnya yang akan membuat wadah kering untuk mencegah bakteri dan mengurangi bau. Terutama dengan koloni padat, ini perlu diganti setiap 1-6 bulan.

Menyiapkan tempat untuk bertelur

cara menetaskan telur jangkrik
Wadah kecil untuk tempat telur

Tempatkan wadah plastik sekali pakai diisi dengan tanah lapisan longgar sangat basah di wadah. Betina perlu ini untuk bertelur di. Cobalah untuk membuatnya hanya sedikit lebih tinggi dari vermiculite sehingga jangkrik bisa mendapatkan dalam wadah. Pastikan humus Anda-pupuk dan bebas dari pestisida.

Anda dapat menempatkan layar di permukaan tanah untuk mencegah jangkrik dari menggali atau makan telur. Jangkrik betina dapat menyimpan telur melalui layar menggunakan telur mereka dengan meletakkan paku (ovipositor).

Pastikan Anda memiliki cukup jangkrik untuk memberi makan hewan peliharaan Anda dengan 30-50 ekstra untuk berkembang biak. Sangat penting untuk memiliki campuran jangkrik jantan dan betina tetapi sebaiknya, lebih banyak perempuan daripada laki-laki.

Ciri-ciri jangkrik betina memiliki tiga ekor panjang di belakang mereka dengan yang utama (disebut ovipositor) yang menggunakan untuk deposit telur di tanah. Sayap jangkrik betina dapat tumbuh sepenuhnya untuk dikembangkan. Sedangkan jangkrik jantan hanya memiliki dua ekor saja.
apa perbedaan jangkrik jantan dengan betina, bagaimana cara membedakan jangkrik jantan dengan betina
Contoh jangkrik jantan dan betina

Mulai proses breeding

Budidaya jangkrik

Tempatkan semua jangkrik Anda dalam wadah jangkrik Anda. Tempatkan piring dangkal untuk makanan komersial jangkrik atau sebagai pengganti (gunakan makanan kering kucing) di wadah yang jauh dari tanah.

Anda dapat menambahkan beberapa jenis buah dan sayur sebagai pangan jangkrik, seperti: irisan kentang, sayuran, dan bahan sayuran lainnya untuk melengkapi diet mereka. Pastikan untuk tidak memberi makan berlebihan agar tidak tersisa dan akhirnya membusuk didalam kandang.

Air berperan penting untuk jangkrik

apakah jangkrik butuh air minum, air apa yang bagus untuk pertumbuhan jangkrik
Tambahkan air untuk menghindari hidrasi

Pastikan untuk memberikan jangkrik Anda air yang cukup. Jangkrik perlu dekat dengan pasokan air untuk tetap hidup dengan baik. Menyaksikan jangkrik Anda mengerubuti ke air setiap kali Anda kabut wadah.

Berikut adalah beberapa cara kreatif menjaga jangkrik agar tidak terhidrasi:

  • Cobalah menempatkan botol reptil air dispenser terbalik dengan spons di reservoir ke dalam wadah Anda. Spons akan membantu mencegah banjir atau tenggelam dalam wadah.
  • Potong satu sisi panjang roll kardus toilet dan membentangkan untuk mendapatkan persegi panjang. Bungkus kardus ini dengan kertas yang dapat menyerap air, seperti handuk kertas, dan mengangkatnya secara vertikal di sudut sehingga membentuk semacam benteng.
  • Hidangan gel air (juga dijual sebagai pengganti tanah, misalnya "poliakrilamida") atau jello tanpa rasa disimpan di sudut juga membuat sebuah lubang berair besar.

Jangkrik butuh panas.

suhu yang pas untuk jangkrik melahirkan
Gambar lampu sebagai pemanas jangkrik betina

Jangkrik betina benar-benar perlu kehangatan untuk mempromosikan pemuliaan dan inkubasi telur mereka.

Berikut beberapa tips menciptakan suasana panas untuk jangkrik:

  • Panas dapat disediakan oleh berbagai metode seperti pemanas reptil, atau bisa juga dengan bola lampu petroma
  • Menempatkan ruang pemanas dalam walk-in closet akan memanaskan seluruh lemari, menyediakan panas untuk jangkrik dan mengerami telur mereka.
  • Ketika kawin untuk berkembang biak, laki-laki hanya kicauan antara 55-100 ° F (13-38 ° C). Jangkrik melakukan yang terbaik ketika disimpan di sisi hangat dari 80-90 ° F (27-32 ° C).

Berikan jangkrik Anda waktu yang cukup untuk berkembang biak. Jika Anda telah memberi mereka cukup makanan, air, dan panas, dan jangkrik Anda umumnya merasa senang, mereka harus berkembang biak lebih cepat. Beri mereka sekitar dua minggu untuk berkembang biak dan meletakkan telur di dalam tanah.

Jangkrik akan menggali turun sekitar satu inci di bawah lapisan atas tanah untuk bertelur. Setelah dua minggu, humus akan diisi dengan beberapa telur lonjong sekitar setengah ukuran dari sebutir beras. Pindahkan humus ini dan menempatkannya dalam wadah bersarang untuk menetaskan telur.
cara merawat jangkrik

Sambil menunggu jangkrik Anda bertelur, pastikan untuk menjaga lapisan atas tanah tetap basah. Telur yang kekurangan air akan mati dan Anda akan gigit jari untuk hal ini. Isilah mister dengan air disaring secara berkala dan semprot lapisan atas tanah untuk memastikan panas tidak kering sepenuhnya.

Proses penetasan telur jengkrik

panduan mengembang biakkan jangkrik disertai gambar
Suhu yang ideal untuk perkembangan jangkrik

Jangkrik perlu panas untuk menetaskan telur sampai menetas. Tempatkan wadah sekali pakai dalam wadah yang lebih besar yang tertutup rapat dan letakkan ditempat yang suhunya antara 85-90 ° F (29-32 ° C). Setelah sekitar dua minggu kemudian, agak didinginkan, ratusan telur akan mulai menetas dan jangkrik kepala peniti ukuran sebutir pasir akan muncul setiap hari selama sekitar dua minggu.
contoh gambar foto kandang jangkrik
Tempat utama jangkrik

Kumpulkan jangkrik peniti ini dan tempatkan mereka kedalam wadah pemeliharaan. wadah ini harus diisi dengan makanan dan air untuk memungkinkan pinheads bayi untuk tumbuh sampai ukuran mereka sesuai untuk dimasukkan kembali ke dalam wadah utama - biasanya sekitar 7 - 10 hari lagi.
merawat anak jangkrik
Setelah siap, kembalikan jangkrik kecil ke wadah utama

Ingatlah untuk selalu membasahi tanah dalam wadah untuk membesarkan jangkrik-jangkrik Anda. Pertimbangkan juga menempatkan wadah pemeliharaan di atas bantal pemanas ditetapkan untuk 80-90 ° F (27-32 ° C).

Bagaiamana, apakah informasi ini bermanfaat? silahkan comments gratis:)
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini