Perbedaan “Kebutuhan” dengan “Keinginan” Disertai Contoh

apa perbedaan kebutuhan dengan keinginan, penjelasan singkat antara kebutuhan dengan keinginan, perbedaan utama kebutuhan dengan keinginan

Sebagai penjelasan umum agar lebih mudah memahami apa perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan, akan coba saya jelaskan dengan bahasa kangsigit.

Manusia bisa bertahan hidup karena salah satunya adalah meminum air. Jadi, mau tidak mau kalau masih ingin tetap hidup harus minum. Ini masuk pada penjelasan kebutuhan.

Kebutuhan sifatnya penting, wajib dan terkadang mendesak. Orang butuh sesuatu biasanya karena adanya keinginan, namun terkadang juga karena keterpaksaan. Selain itu, kebutuhan juga menjadi dasar atau alasan atau faktor orang mau bekerja keras.

Kebutuhan dan keinginan sering kali berdampingan atau saling berkaitan. Misalnya Anda ingin memiliki sebuah kendaraan untuk mempercepat menempuh perjalanan. Katakanlah jika berjalan kaki butuh waktu hingga 1 jam, sedangkan jika pakai motor hanya butuh waktu kurang dari 5 menit. Maka baik kebutuhan maupun keinginan menjadi satu dan saling berhubungan.

Lantas, apa perbedaannya?

Perbedaan yang dapat kami tangkap antara Kebutuhan dengan Keinginan adalah:
Kebutuhan sifatnya penting, harus dipenuhi bahkan meskipun Anda tidak menginginkannya. Sedangkan keinginan adalah sebuah harapan atau angan-angan yang terkadang tidak harus dipenuhi.

Contoh kebutuhan:
Makan, minum, pakaian, rumah

Contoh keinginan:
Berharap mendapat ranking 1 disekolahan
Ingin memiliki rumah mewah

Orang bijak akan selalu mempertimbangkan kebutuhan ketika menginginkan sesuatu. Untuk apa menginginkan sesuatu jika Anda tidak membutuhkannya?
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini