Tips Trik Membeli Asuransi Kendaraan Mobil Bekas Agar Tak Rugi

Memilih Asuransi Mobil Bekas Yang Terbaik Tidak Perlu Bingung, Berikut Tips Trik dari Kami
Cara memilih asuransi mobil yang bagus

Apakah Anda barusaja membeli mobil seken? Apakah Anda juga sudah menyiapkan asuransi untuk kenyamanan dalam berkendara?. Asuransi ini sangat penting sobat, sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada mobil kesayangan Anda.

Mungkin Anda akan bingung, karena urusan memilih asuransi yang tepat itu bukan perkara yang mudah sobat. Perlu mempertimbangan beberapa hal dalam membeli asuransi mobil bekas yang terbaik. Jadi serba bingung kan untuk calon pembeli asuransi. Harus pilih yang mana, memprioritaskan premi yang murah, jenis perlindunganya, atau mungkin layananannya.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI ASURANSI MOBIL BEKAS


1. Apakah biaya perbaikan mobil bekas Anda menguras pendapatan Anda?
Coba kalkulasikan berapa beban pengeluaran sebelum dan sesudah memiliki mobil bekas. Perhitungkan biaya perawatan mobilnya, apakah masih bisa di handel dengan isi kantong Anda.

Selama uang Anda masih kuat menalangi semua kerusakan yang timbul, tentu membeli asuransi dari perusahaan menjadi bukan hal yang harus dilakukan. Jadi intinya, pertimbangkan dengan seksama soal biaya dan manfaat membeli premi asuransi kendaraan mobil.

2. Seberapa besar kemungkinan mobil bekas Anda mengalami kerusakan?
Kenali dulu risiko yang mungkin saja bisa terjadi pada mobil bekas Anda. Misalnya, mobil bekas Anda digunakan setiap hari dengan jarak tempuh yang cukup panjang, memiliki potensi risiko kerusakan yang tinggi dan berpeluang mengalami kecelakaan yang lebih besar. Tentu beda-kan risikonya dengan mobil bekas yang hanya untuk koleksi saja dan atau untuk dipakai dalam jarak dekat saja.

Beberapa faktor yang juga berisiko misalnya lingkungan rumah atau kantor yang sangat minim dari segi keamanan, sehingga sangat rawan dengan tindak pencurian. Jika kondisi tempat tinggal Anda yang mengkhawatirkan, maka opsi mengasuransikan mobil bekas menjadi pilihan yang terbaik.

3. Apakah ada rencana ingin menjual mobil bekas Anda dalam waktu dekat?
Ini menjadi sangat penting Anda pertimbangkan. Jika jawabannya iya, maka asuransi menjadi tidak penting lagi. Membeli mobil dengan durasi/ tempo yang lebih sedikit dari masa tenggang asuransi juga akan merugikan diri Anda sendiri.

Misalnya Anda berniat memiliki mobil itu hanya dalam tempo 6 bulan saja, maka memiliki asuransi menjadi sia-sia lantaran sudah terlanjur membayar untuk jangka setahun. Namun, Anda dapat memilih asuransi yang memberikan tawaran pengembalian sebagian premi seandainya mobil ingin dijual.

4. Cek seberapa kuat sih kondisi finansial saat mobil Anda mau diasuransikan?
Kondisi finansial menjadi penting dipertimbangkan sebelum beli ansuransi mobil bekas. Keputusan beli asuransi mobil bisa diambil seandainya ada keleluasaan finansial. Perlu diingat, ketika punya mobil meskipun bekas sekali pun akan berdampak pada pengeluaran. Asuransi tak bakal menanggung biaya servis rutin, bahan bakar, bahkan ban yang gundul akibat pemakaian.

Sebaliknya, misal kondisi finansial yang tidak memungkinkan, maka Anda bisa menunda dulu. Setelah benar-benar siap beli asuransi mobil, silahkan cek dan hitung dengan seksama ya, berapa banyak premi yang harus dibayarkan.

Pastikan kondisi keuangan Anda bisa menopang beban berat premi agar tidak gagal di tengah jalan. Jika gagal, secara otomatis polis menjadi tidak berlaku lagi. Bila yang seperti itu terjadi, itu sama aja buang-buang waktu dan uang karena perlindungan untuk kendaraan Anda terputus di tengah jalan.

Paling tidak, empat poin diatas bisa menjadi pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk mengasuransikan mobil bekas Anda. Jadi saran penulis, sebaiknya jangan terburu-buru soal memilih asuransi. Perhatikan juga bagaimana kebijakan masing-masing perusahaan asuransi, karena cara kerjanya memiliki beberapa perbedaan.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini