Cara Memasang Selang Regulator Kompor Gas ke Tabung LPG

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menunjukkan bagaimana cara memasang selang regulator kompor gas ke tabung LPG yang baik dan benar disertai foto agar tambah jelas.

Tutorial ini berlaku untuk tabung elpiji mini, yakni 3 kg maupun yang jumbo, yakni 12 kg. Perlunya mengetahui informasi ini untuk mencegah hal buruk terjadi saat memasang selang regulator kompor ke tabung.

Baca dulu kisah mengerikan ini

Beberapa hari yang lalu, tetangga saya ada yang "nyaris" kena musibah lantaran lalai saat menyambung selang. Entah apa yang dia fikirkan, mungkin karena melamun atau bagaimana, yang pasti dia sebenarnya tahu bahwa cara seperti itu bisa membahayakan dirinya dan siapapun yang ada didekatnya.

Memangnya, apa yang dia lakukan? lucu dan mengharukan, dia melepas selang pada tabung A dan memindahkan ke tabung B dengan kondisi api dikompor masih menyala. Menurut keterangannya, isi tabung A sudah mau habis dan ingin mengganti ke tabung B, tapi lupa tidak mematikan dulu api di kompornya. Alhasil selang regulator yang masih memiliki bensol mendapat sumber api dari kompor dan api-pun langsung menyambar apapun yang ada disekelilingnya dengan membabi-buta.

Untung saja tetangga saya tersebut memiliki inisiatif, spontan dia mengambil handuk dan dicelupkan ke air terus handuk tersebut ia gunakan untuk menutup lubang selang yang dengan bersemangat menyemburkan api merah biru kedepan.

Nah, itu merupakan sebuah pelajaran yang berharga bagi siapa saya yang hendak menyambungkan selang regulator ke kompor maupun ketabung gas.

Siapkan Alat dan Bahan

  • Selang, Regulator, Klem dan Obeng

Cara menyambung selang ke regulator


Masukan kedua klem ke "selang" seperti yang terlihat pada gambar. Klem bentuknya menyerupai cincin dan berguna untuk mengunci selang agar kokoh dan selang tidak mudah lepas dari kompor maupun regulator.

Sebelum selang ditancapkan ke regulator dan kompor, klem jangan di kencangkan dulu, dan setelah ditancapkan, barulah dikencangkan.

Selanjutnya, pasang regulator ke selang seperti tanda panah merah yang terlihat di gambar. Selangnya harus tersambung maksimal sampai menutupi saluran keluar regulator (regulator outlet). Pastikan selang jangan sampai longar dan tidak mudah ketarik agar tidak bocor.

Cara menyambung selang ke kompor

Hampir sama dengan langkah sebelumnya, masukan selang ke saluran masuk kompor (kompor inlet). Pastikan selang tidak longgar agar tidak muah bocor.

Kencangkan Klem

Sudah selang terpasang ke kompor dan regulator, langkah selanjutnya adalah mengencangkan klem dengan bantuan Obeng. Pastikan jangan sampai kendor klemnya.

Cara menyambungkan Regulator Ke Gas LPG

Lepaskan segel plastik dan cek cincin karet (seal) pengaman. Pasang regulator ke leher tabung GAS LPG dengan posisi lurus, putar knopnya searah jarum jam. Jangan lupa cek kembali untuk memastikan apakah semuanya sudah terpasang dengan benar.

Setelah semuanya terpasang dengan benar, hidupkan kompor.

Catatan Penting dari pengalaman pribadi:

  • Gas LPG yang baik segelnya tidak boleh rusak. Jika sudah rusak, jangan diterima atau dibeli.
  • Jika terdengar suara desisan (ssssssss) saat menyambung Gas ke Regulator, itu menandakan bahwa karet gelang atau seal yang ada di leher gas tidak terpasang dengan benar atau sudah lembek. Solusinya, cek kembali apakah kondisi selang dalam keadaan baik, jika tidak meyakinkan, silahkan beli yang baru.
  • Dalam rangka mengawetkan properti, pastikan selang tidak tertekuk dan atau tertindih benda lain. Selang yang tertekuk dapat mengakibatkan api tidak sempurna dan selang mudah bocoor.
  • Kompor gas cukup rentan bila dihidupkan bersamaan dengan kompor minyak tanah.
  • Jangan menghidupkan kompor gas jika tercium bau gas lpg, itu menandakan gas sedang bocor dan perlu di benahi.
Sumber Foto: Google.com dan AkuCintaElektronik.blogspot.com
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini