Cara Membuat (SKCK) Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Cara Membuat SKCK, Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Sebelum mengurus SKCK Baru, persiapkan dulu bahan-bahan ini sebagai syarat

  • Surat pengantar dari kelurahan
  • Fotocopy KTP (Kartu tanda penduduk)
  • Fotocopy KK (Kartu keluarga)
  • Fotocopy akte kelahiran
  • Pas photo 4x6 3 lembar (background berwarna merah)


Langkah-langkah Mengurus SKCK

1. Silahkan cari lurah Anda dan mintalah surat pengantar darinya.
Proses: Untuk bisa mendapatkan satu lembar surat pengantar, Anda harus menunggu persetujuan dari ketua RT dulu, setelah itu ketua RW, barulah selanjutnya dari keluarahan.
2. Jika Anda belum memiliki koleksi foto dengan background warna merah/ latar belakang merah, silahkan berfoto dulu. Ingat ya, pas foto ukuran 4x6 tiga lembar.

3. Selanjutnya, siapkan fotokopi KTP, KK, dan Akta lahir. Ingat ya, foto copynya saja, bukan yang asli, soalnya nanti akan disimpan dan diarspikan.

4. Setelah dokumen-dokumen tersebut siap, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor polisi yang sesuai dengan alamat KTP Anda. Untuk mengurus, bisa dilakukan di Polsek (tingkat kecamatan) dan atau (tingkat kota). Biasanya untuk tingkat kecamatan lebih sepi, jadi bisa diproses lebih cepat.

5. Setelah Anda mendatangi loket bagian pengurusan SKCK dan memasukan berkas yang diminta, Anda akan disodorkan tiga lembar form yang harus dilengkapi. Menurut keterangan teman saya, Anda akan diminta untuk membayar Rp.10.000 sebelum menerima SKCK-nya.

Referensi: ardisaz.com
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini