Memahami Iklan Tingkat Laman Google Adsense untuk Seluler

Apa itu iklan tingkat laman dan apakah keuntungan memasang iklan tingkat laman pada blog kita serta adakah kerugian atau dampak buruk jika memasangnya di website milik kita?

Beberapa jam yang lalu saat membuka dashboard Adsense, saya mendapat notifikasi pada menu Pengoptimalan. Jadi intinya itu adalah saran yang kemungkinan dapat menguntungkan pemasang. Saya sendiri baru memasangnya dan itulah alasan mengapa saya posting, karena masih anget hehe.

Sepertinya tidak semua akun mendapat pesan ini karena saya lihat di mesin telusur sangat sedikit yang ngepos. Kalau dibilang terbaru sih sepertinya tidak juga. Karena sebelumnya, desember 2015 sudah ada yang publikasikan tulisan seperti ini. Jadi, jika Anda sempat menerima rekomendasi itu, berarti Anda cukup beruntung, dan bagi yang tidak menerima itu, kemungkinan template yang digunakan pada blognya tidak responsive. Mungkin saja, karna fitur iklan ini hanya berlaku untuk pengguna seluler, sedangkan untuk desktop tidak akan muncul iklan tingkat laman itu.

Nah, kembali ke topik, apa yang dimaksud dengan iklan tingkat laman? Iklan tingkat laman adalah sebuah fitur Iklan versi beta. Menurut keterangan dari sumbernya, untuk DoubleClick Ad Exchange saat ini belum menawarkan dukungan penuh untuk format Iklan tingkat laman dalam aturan dan pelaporan, mungkin karena masih versi beta, jadi harus benar-benar matang sistim pengolahannya sebelum dipublish oleh raja iklan kita.

Jenis format iklan ini merupakan cara baru dan inovatif tentunya dalam soal memonetisasi konten yang ada pada blog Anda. Potongan kode iklan ini hanya perlu diletakkan satu kali saja pada tiap laman yang ingin ditampilkan iklannya. Setelah itu, Ad Exchange akan secara otomatis menampilkan Iklan tingkat laman tersebut pada waktu yang optimal dan tepat, sehingga iklan dapat berkinerja dengan sangat baik serta memberikan pengalaman yang mengesankan tentunya bagi pengunjung blog Anda.

Ada 2 model yang bisa Anda pakai, boleh pilih salah satu atau bahkan kedua-duanya
  1. Format Iklan tetap/hamparan.
  2. Format Iklan vinyet.

Definisi Iklan tetap/hamparan : Sebuah iklan yang disasarkan pada pengguna seluler, iklan hamparan akan menempel pada layar ponsel bagian samping dan dapat dibuka tutup dengan mudah oleh pengunjung. Dengan kata lain, iklan ini bisa ditampilkan dan disembunyikan langsung oleh pengunjung blog Anda.

Definisi Iklan vinyet : Iklan vinyet merupakan iklan dengan tampilan layar penuh pada perangkat seluler yang muncul di antara pemuatan laman situs Anda yang dapat dilewat oleh pengguna kapan saja dan dimana saja. Iklan jenis vinyet akan ditampilkan pada saat pengguna meninggalkan laman, bukannya pas membuka laman, jadi pengguna tidak harus menunggu iklan selesai dimuat dulu.

Tidak semua jenis ponsel mendukung iklan tingkat laman, iklan ini baru bekerja pada perangkat Android versi di atas 3.0 dan juga perangkat iOS versi di atas 4.0 serta tidak digolongkan ke batas maksimal iklan. Maksudnya, jika Anda telah memasang iklan banner dengan jumlah maksimal, yaitu 3 slot, maka menambahkan iklan tingkat laman ke blog Anda bukan merupakan sebuah pelanggaran.

Bagaimana Cara Memasang Iklan Tingkat Laman

Sangat sederhana sekali, Anda hanya perlu mengikuti arahan dari Adsense saat berada di akun, lalu copy kode iklannya dan memasangnya dibagian <head> ataupun <body> juga bisa. Kalau saya lebih tertarik menempatkan kode iklan itu ke <head>.

Pilihan kedua, jika Anda masih bingung, Anda juga dapat copy paste kode dibawah dan ganti beberapa kode yang diperlukan.

Khusus Iklan tetap:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: 'propert_kode_Adx_Anda',
    enable_page_level_ads: true,
    overlays: {google_ad_channel: 'channel_id_Anda'}
  });
</script>


Khusus Iklan vinyet:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: 'propert_kode_Adx_Anda',
    enable_page_level_ads: true,
    vignettes: {google_ad_channel: 'channel_id_Anda'}
  });
</script>


Iklan tetap dan Iklan vinyet:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: 'propert_kode_Adx_Anda',
    enable_page_level_ads: true,
    vignettes: {google_ad_channel: 'channel_id_Anda'},
    overlays: {google_ad_channel: 'channel_id_Anda'}
  });
</script>

Silakan ganti propert_kode_Adx_Anda dengan kode properti milik Anda. Caranya: buat saluran khusus di UI AdX, lalu minta ID saluran berjumlah 10 digit yang sesuai dari pengelola akun. Selanjutnya, ganti channel_id_Anda dengan ID saluran 10 digit yang barusaja Anda dapatkan.

Anda perlu mencoba apakah iklan dapat bekerja atau tidak. Caranya, tambahkan #googleads dibelakang URL halaman Anda. Misalnya: kangsigit.com/posting.html#googleads

Pratinjau ini hanya bisa dilakukan dari perangkat mobile yang didukung, contohnya seperti yang telah saya katakan sebelumnya, yaitu Android versi di atas 3.0 dan perangkat iOS versi di atas 4.0.

Jika masih perlu informasi lebih lanjut, silahkan tinggalkan komentar.
URL

4 Tanggapan » Lihat

Sedikit tambahan dari saya sob, kalo untuk pengguna blogger ketika menerapkan kode page lavel ads di tag setelah kode "HEAD" harus di convert terlebih dahulu sob, karena gak bisa langsung diterapkan di template blogger. salam kenal ya

Parse hanya dibutuhkan pada tag "BODY" sob, bukan "HEAD"
Ya salam kenal juga :)

GAK BISA DI LAMAN YOUTUBE YA GUYS?!

Wah saya jarang main di Yutub sob, channel sy gak laku, jd gk tau perkembangan disana wkwk
Tapi ada juga iklan hamparan dan penuh disana sob..

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini