Cara Membuat Review Sebuah Produk atau Program

Sebelum melangkah ke pembuatan Review, kenali dulu tentang apa review itu? Review adalah sebuah ulasan yang didalamnya berisi pendapat/ argumen.

Untuk dapat menulis review harus sudah mengetahui karena mengalami dan atau melihat secara langsung. Misalnya Ana ingin membuat sebuah review tentang produk sabun mandi merk tertentu. Maka setidaknya Anda sudah mencoba memakai sabun itu, barulah mengatakan apa yang Anda rasakan. Misalnya badan jadi gatal-gatal atau mungkin terjadi iritasi kulit dan sebagainya.

Untuk review yang hanya bisa dilihat, misalnya sebuah film atau drama yang ditayangkan pada bioskop atau televisi, Anda bisa menyimpulkan bagaimana keunggulan atau kelemahan dalam menyampaikan pesan dalam masing-masing pemeran. Misalnya terlalu terburu-buru sehingga alurnya tidak jelas dan lain sebagainya.

Jadi, dalam rangka membuat sebuah Review, hendaknya mencermati beberapa hal berikut:

  • Paham dengan kronologis yang akan di ulas
  • Tidak semata-mata ingin menjatuhkan atau mengunggulkan pihak lain dengan penjelasan yang tidak jelas dan memutar balikkan fakta.
  • Sebuah ulasan hendaknya bersih, tidak perlu ada yang ditutup-tutupi, kecuali jika itu dapat mengundang kontroversi atau melanggar norma dan asusila.
Saat ini banyak program yang mengadakan lomba membuat Review dengan imbalan berupa hadiah. Untuk mengikuti program-program review, sebaiknya Anda terapkan kriteria pembuatan ulasan tersebut.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini