Cara Nyetel Senar Gitar Listrik / Elektrik Pakai Tuning

Kebiasaan nyetem gitar biasa dengan mengandalkan pendengaran tentu akan menyulitkan kita ketika ingin menyetem senar gitar elektrik. Iya kalau ada speaker, kalau tidak kan akan sulit mendengarkan nada yang keluar ketika senar dipetik.

Nah, dengan adanya tuning, kita hanya perlu melihat huruf apa yang muncul ketika senar di petik. Caranya: Petik senar nomor 1, jika hurufnya E berarti sudah benar.

Berikut daftar lengkapnya:
  • Senar 1 = E (tinggi)
  • Senar 2 = B
  • Senar 3 = G
  • Senar 4 = D
  • Senar 5 = A
  • Senar 6 = E (rendah)
Anda jangan bingung dengan maksud dari E tinggi dengan E rendah, karena pada layar tidak akan muncul tulisan tinggi dan rendah.
Ada beberapa manfaat menyetem gitar dengan nada yang sesuai dengan tuning, karena kebanyakan lagu menggunakan nada ini, sehingga jika Anda hendak bermain gitar sambil mendengarkan lagu, maka not-nya akan sama dan terdengar serasi.

Mengapa saya posting tutorial ini?

Karena saya pernah mengalami masa-masa seperti Anda dan saya tidak ingin Anda kesulitan dalam mencari informasi untuk setting kunci. Dulu gitar saya adalah gitar bolong biasa dan untuk nyetel tentu pakai pendengaran saja dan harus jeli mendengarkannya agar nadanya tidak fals. Kemudian saya beli gitar bolong baru, merk Yamaha Akustik Elektrik APX500ii
Sebenarnya itu gitar bolong juga, tapi juga tersedia Tuning langsung di badan gitarnya. Jadi untuk nyetem senar tidak membutuhkan arus listrik maupun alat tuning eksternal.

Karena menurut saya itu adalah sebuah fasilitas, maka bijaknya saya harus mencoba agar tidak ada sesuatu yang terlewatkan dari gitar keren ini hehehe. Nah cukup sekian tutorialnya silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Intinya:

Untuk nyetem pakai tuning, maka Anda harus petik senar satu per-satu, gak boleh bersamaan. Selain itu, jangan ada senar yang ditekan.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini