Melaporkan Blog Copas Domain WordPress ke DMCA

Beberapa hari yang lalu telah saya kupas bagaimana cara melaporkan blog copas ke Google. Sambutan hangat dari Tim Google menangani masalah ini.

Akan tetapi, pelaporan kasus dugaan pencurian kekayaan digital ke Google hanya akan di tindak lanjuti apabila blog tukang copas menggunakan hosting dari Blogger.

Ya, tentu saja. Untuk menghapus data dari hosting harus dilakukan oleh bosnya sendiri. Kalau domain pakai worpress, maka yang menangani juga dari tim wordpress.

Nah, tidak adil rasanya jika saya hanya menunjukkan bagaimana cara melaporkan blog kopas untuk domain blogspot. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa diluar sana sudah banyak copaser yang menggunakan layanan wordpress.

Tutorial ini saya buat atas pengalaman saya pribadi yang pada saat itu melaporkan tiga situs berbeda sekaligus ke google. Yang 2 pakai blogspot dan yang satu pakai wordpress.

Alhasil Google merespon pengajuan saya yang dikirimkan ke dalam email saya dengan keterangan bahwasanya, permohonan penghapusan untuk wordpress ditolak, sedangkan untuk blogspot kedua-duanya diterima.

kangsigit.com email balasan
Email balasan tim google atas tidak dapat diprosesnya domain wordpress
Terjemahan: Konfirmasikan bahwa Anda telah pertama kali mencoba untuk menggunakan prosedur penghapusan situs di http://automattic.com/dmca/. Penghapusan konten ini dari hasil pencarian Google tidak akan menghapusnya dari web, dan tidak akan mencegah pengguna dari melihat konten melalui jalan lain, seperti mesin pencari lainnya, media sosial, atau halaman web yang berisi link ke konten yang dimaksud.

Nah, intinya Google menyarankan bahwa untuk domain yang di host dari wordpress harus menggunakan http://automattic.com/dmca/ dan berikut panduan pengisian formulir selengkapnya:
  • Buka situsnya di https://automattic.com/dmca-notice/ (sabar dikit, karena loadingnya berat banget di kompi saya)
  • Masukkan biodata Anda yang Asli sebagai pernyataan tersumpah seperti screenshot dibawah
kangsigit.com cara lapor artikel dicopas orang lain
  • Pada bagian Company Name, itu adalah untuk nama perusahaan. Jika Anda belum punya perusahaan, silahkan kosongkan saja
  • Selanjutnya isi selengkap-lengkapnya seperti form dibawah
kangsigit.com cara lapor artikel dicopas orang lain
kangsigit.com cara lapor artikel dicopas orang lain
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini