Review Belanja Gitar Secara Online di Tokopedia #1


Kangsigit.com, Ulasan pertama - Pada posting kali saya ingin mengulas bagaimana rasanya belanja secara online di tokopedia.com, khususnya belanja gitar.

Jujur saja ini adalah kali pertama saya belanja di tokopedia. Bagi Anda yang baru mengenal apa itu tokopedia dan bagaimana cara kerjanya, silahkan baca tulisan ini lebih lanjut.

Apa itu Tokopedia?

Seperti yang tertulis di situsnya: Tokopedia merupakan perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor di balik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple & Google.

Kepercayaan yang didapat Tokopedia menjadi milestone penting karena Indonesia tidak lagi dipandang sebagai negara pasar, namun telah dianggap mampu menjadi produsen, melahirkan perusahaan kelas dunia yang mampu bersaing secara global.

Di tokopedia sendiri, ada banyak penjual yang mendirikan toko, jadi beda produk kemungkinan beda juga penjualnya.

Saya memiliki minat belanja disana lantaran produk yang saya cari belum ada di dekat tempat tinggal saya. Sehingga daripada jauh-jauh datang ke kota sebelah, alangkah baiknya jika belanja lewat online saja. Hanya tidur-tiduran dirumah, barangnya datang sendiri hehe.

Awalnya agak takut juga sih belanja di tokopedia. Yang membuat saya takut bukan karena takut barangnya tidak dikirim setelah uangnya di transfer, tapi takut menapat produk bajakan.

Kalau soal barang yang tidak dikirim setelah uang ditransfer, bukan permasalahan yang bermasalah. Karena di tokopedia menerapkan sistim hanya bayar setelah barang sampai ditangan Anda.

Mengapa Belanja di Tokopedia Aman?

Ketika Anda tertarik pada salah satu produk yang dijual di tokopedia dan Anda sudah membayarnya, maka barang pasti dikirim. Jika tidak segera dikirim setelah jatuh tempo, maka dana Anda dikembalikan lagi kepada Anda.
Ingat ya, uang yang Anda kirim/ transfer ke salah satu rekening AN/ PT Tokopedia, tidak langsung masuk ke rekening penjual. Uang akan diteruskan kepada penjual setelah barang sampai ditangan pembeli, jadi keamanan sangat terjamin. Sistem seperti inilah yang membuat saya yakin untuk belanja di Tokopedia.
Namun, seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa; yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara memilih toko yang menjual produk asli/ original/ bukan bajakan atau KW.

Anda jangan mudah tergiur dengar murahnya harga yang ditawarkan. Saya contohkan seperti saat saya mencari gitar Yamaha Akustik Elektrik APX500ii, saya melihat ada kesenjangan harga yang cukup signifikan di Tokopedia. Bagaimana tidak, toko A menjual dengan harga 2jutaan, toko B menawarkan 1jutaan, toko C hanya membandrol 600ribu saja. Jadi mana yang ORIGINAL?. Sesuaikan harga dengan harga pasaran yang nyata/ bisa dengan tanya langsung ke penjual.

Jadi, belanja disana harus lebih jeli dalam memilih toko agar tidak tertipu dengan barang bajakan.

Bagaimana Cara Mencari  Toko yang Terpercaya?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melihat reputasi/ pencapaian toko tersebut. Jika reputasi sudah baik, maka bisa dipastikan bahwa toko itu telah mendapat banyak respon positif dari pembeli.

Namun bukan berarti penjual yang belum memiliki reputasi/rating tidak terpercaya. Misalnya toko itu baru dibuka dan belum ada pembelinya, maka tidak akan ada reputasi yang dia dapatkan.

Selain dengan melihat reputasinya, Anda juga bisa cari tahu siapa pemilik toko tersebut. Seperti yang saya lakukan saat akan membeli gitar ini. Saya melihat dibagian info penjual, penjual mengklaim dirinya adalah Dealer Resmi Yamaha Music. Tentunya saya tidak bisa semerta merta percaya begitu saja. Lalu saya mengirim pesan email ke situs Yamaha Musik Resmi di http://id.yamaha.com

Pada pesan saya tulis: "Apakah benar penjual yang beralamat di https://www.tokopedia.com/iramamusicstore adalah Dealer Resmi Yamaha Music, saya ingin membeli salah satu produknya, tapi belum yakin".
Maaf ya mas Rozi Fahlevi, bukan saya tidak percaya, saya hanya tidak mau uang dari hasil kerja keras saya terbuang sia-sia :D

Lalu, esoknya dapat balasan yang intinya menyatakan Benar. Saya jadi tambah semangat dan tidak takut lagi tertipu barang palsu dari toko tersebut.

Untuk toko Irama Music Store sendiri, pelayanannya cukup bagus, respon dalam menjawab setiap pertanyaan sangat cepat dan bahasa yang digunakan juga tidak muluk-muluk. Jika iya dibilang iya, jika tidak dibilang tidak, itu yang membuat saya senang.

Terakhir, setelah saya rasa semuanya cukup meyakinkan, akhirnya saya transfer uang sesuai dengan harga gitar plus biaya ongkir. Setelah kurang dari 1x24jam, akhirnya ToPed mengirimi saya pesan bahwa barang sudah dikirim dan sedang dalam perjalanan menuju daerah saya. Kuamang Kuning, Bangko, Jambi, Indonesia.

Jika Anda membeli produk serupa atau yang mirip, maka Anda jangan kaget ketika ongkos kirim jauh lebih mahal ketika mengirim surat di pos.

Hal ini dikarenakan barang yang berukuran jumbo beratnya dihitung volume. Jadi semakin besar barangnya, maka semakin besar volumenya bahkan meskipun berat aslinya sangat ringan.

Anda dapat melihat diskusi saya dan beberapa orang lainnya dari toko irama music store disini.

Cukup sampai disini dulu ulasan saya hari ini, karena saya perlu menunggu 7 hari lagi atau lebih untuk gitarnya sampai di kantor pos kami. Tunggu ulasan selanjutnya ya...

Update

Maaf gan, saya telat update. Keterlambatan update ini bukan karena barangnya juga telat datang, tapi karena saya lalai. Barang sudah sampai tepat waktu beberapa hari setelah saya pesan.

Seneng banget, karena produknya sesuai dengan harapan. Terimakasih Tokopedia :)
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini