Penjelasan dari Apa Yang Dimaksud dengan VoIP

Apa itu VoIP?
VoIP merupakan singkatan dari (Voice over Internet Protocol) adapun arti dari VoIP adalah sebuah teknologi terobosan yang sanggup melewati trafik suara, video serta data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Bagaimana cara berkomunikasi menggunakan VoIP? Pengguna perlu menyambungkan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon. Terminal tersebut akan berkomunikasi dengan gateway lewat telefoni lokal. Nah, hubungan antar gateway akan dilakukan melalui network IP.

Kegunaan VoIP tidak diragukan lagi, suara yang diubah menjadi data yang kemudian diteruskan lewat jaringan internet, menjadikan biaya yang diperlukan untuk berkomunikasi menjadi lebih kecil. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara kerja VoIP, Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi VoIP

ATA (Analog Telephone Adaptor)
Apa maksud dari ATA? ATA adalah alat untuk mengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya yaitu mengubah sinyal analog dari mode telepon menjadi data. Bahasa sederhananya, menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau menyambungkan ke internet.

IP Phones
Nah, pesawat telepon khusus yang ini kelihatannya mirip dengan telepon biasa. Padahal mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga memiliki konektor RJ-45. IP Phones akan menghubungkan langsung dari telepon ke router.

Baca Juga: Daftar Penyedia Layanan Voip di Indonesia Terbaik

Computer-to-Compute
Cara yang satu ini jelas merupakan cara termudah untuk panggilan VoIP. Anda bahkan tidak wajib membayar satu rupiah-pun untuk memanggil SLJJ. Untuk menggunakannya, Anda perlu menyiapkan program (software), speaker, mikrofon, soundcard dan terakhir koneksi internet. Lebih disarankan agar koneksi internetnya yang super cepat, misal koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, terkadang tidak ada lagi biaya tambahan untuk panggilan Computer-to-Computer, seberapa jauh pun jaraknya.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini