Cara Kerja VoIP - (Voice over Internet Protocol)

Bagaimana cara kerja VoIP (Voice over Internet Protocol)

Prinsip / Cara kerja VoIP adalah sebagai pengubah suara analog yang didapatkan dari speaker Komputer (PC) menjadi paket data digital, lalu akan diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem yang dikirimkan lewat jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Sambungan juga dapat dilintaskan melalui media telepon yang diteruskan ke phone adapter dan disambungkan ke internet yang pada akhirnya bisa diterima oleh telepon tujuan.

Digitalisasi voice dalam bentuk paket data dikirimkan dan kemudian di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital sendiri lebih mudah dikendalikan, dapat dikompresi, dan dapat diubah menjadi format yang lebih baik tentunya. Selain itu, data digital jadi lebih tahan terhadap noise daripada analog.
cara kerja VoIP
Sebagai gambaran sederhana untuk mengetahui bagaimana kinerja VoIP, sistem VoIP terdiri dari dua buah komputer yang terhubung dengan internet dan mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon, lagi pula sound card adalah salah satu yang menjadi syarat bekerjanya jaringan VoIP. Dengan dijembatani software khusus, kedua komputer dapat saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan itu bisa berbentuk tukar file, suara, dan gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini