Cara Mengetahui Orang Sedang Berbohong Atau Tidak

Terkadang kita penasaran ketika mendengar pernyataan seseorang dan atau mendapat jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan ke teman kita. Apakah yang ia katakan tersebut benar atau tidak, perlu diselidiki dengan berbagai cara.

Hari ini telah saya siapkan kumpulan cara jitu untuk melihat apakah orang itu lagi bohong atau tidak, berikut diantaranya:

Lewat percakapan / telepon suara

Mengetahui kebohongan dari melihat cara berbicara seseorang cukup ampuh diterapkan. Lazimnya, intonasi dari seseorang ketika berbicara tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Jika kebiasaan orang tersebut saat berbicara intonasinya lancar, kemudian suatu saat berubah menjadi gagap/ terbata-bata, ada kemungkinan ia sedang menyembunyikan sesuatu.

Selain itu, perubahan nada menjadi tinggi juga bisa digunakan sebagai pedoman seseorang sedang berbohong. Hal tersebut dikarenakan, ia sedang terpojok, kaget, tersinggung dan marah karena hampir kena skak.

Orang yang sedang menjalankan praktik kebohongan tidak bisa lancar dalam berbicara. Hal tersebut karena segala sesuatu atas apa yang akan ia katakan belum dipersiapkan sebelumnya/ dadakan. Selain itu, akan terjadi jeda diantara kalimat yang ia keluarkan, itu terjadi karena dia sedang berpikir untuk membuat alasan yang masuk akal.

Adanya kalimat yang sama diulang-ulang hingga beberapa kali. Pembohong akan memiliki sedikit bahan pembicaraan saat ditanya, sehingga akan mengulang kalimat yang sebelumnya pernah dikatakan agar tidak terlihat kehabisan kata-kata.

Jawaban dari pertanyaan A dengan pertanyaan B tidak sama, padahal inti dari topik yang ditanyakan adalah sama. Seperti yang telah saya katakan tadi, pembohong biasanya mengeluarkan pernyataan secara dadakan / tidak spontan, sehingga besar kemungkinan ia tidak konsisten.

Gerakan badan tak beraturan. Pembohong akan secara reflek menggerak-gerakkan bagian tubuhnya secara spontan ketika mengatakan kejadian palsu, misalnya garuk-garuk kepala, kaki dihentakkan ketanah beberapa kali dan lain sebagainya. Setiap individu memiliki gerakan refleks yang berbeda dan unik. Hal tersebut dikarenakan bingung / memompa pikirannya untuk mendapatkan ide sebagai alasan yang rasional.

Adanya jeda waktu antara apa yang diucapkan dengan ekspresi diwajahnya, contoh:
Saya: "Aku ada oleh-oleh dari prancis, ini boneka special buat kamu, semoga kamu suka"
Cewek: "Iya, makasih ya" *beberapa hari detik kemudian baru tersenyum*
Nah, dari contoh diatas bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa, cewek tersebut sebenarnya tidak tertarik dengan saya atau bonekanya. Tapi berusaha membuat saya senang atas senyumnya yang seakan menyukai boneka pemberian dari saya.

Berusaha menghindari tatapan mata dengan lawan bicara. Pembohong akan kehilangan ide sebagai pernyataan palsu jika menatap mata lawan bicara, sehingga bisa dipastikan ia akan sering mengalihkan pandangan ke arah lain.

Memberi alasan yang sangat panjang. Jika pertanyaan yang diajukan singkat, kemudian jawaban yang diberikan terlalu panjang, kemungkinan ia lagi berbohong. Pembohong pasti akan mengarang cerita, sehingga kebanyakan tidak masuk akal. Sehingga jawaban yang ia keluarkan sangat panjang. Hal ini karena penggabungan karangan A dengan karangan B agar terkesan meyakinkan.

Nah, itulah ciri-ciri orang sedang berbohong ketika ditanyai sesuatu. Trik ini berlaku untuk pria dan wanita. Bagaimana, apakah Anda cukup puas?
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini