Misteri Letusan Gunung Sinabung Gemparkan Dunia

Gunung sinabung telah dianggap sebagai gunung non aktif sejak ratusan tahun silam. Namun kini seperti berita yang beredar, letusan gunung sinabung sungguh luar biasa. Bahkan hari ini, gunung sinabung meletus hingga 4 kali.
Seperti dilansir OkeZone, Hari ini, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus sebanyak empat kali. Menurut petugas pos gunung Sinabung, luncuran awan panas akibat erupsi pertama kali terjadi sekira pukul 14.30 WIB.
Dari data yang dicatat, Gunung Sinabung meluncurkan awan panas dengan jarak luncur 4,5 kilometer ke arah tenggara.
"Yang tercatat erupsi keempat, tinggi abu 1,5 kilometer. Kerusakan belum diketahui. Tapi informasi dari warga ada korban, namun belum jelas apakah korban awan panas atau bukan," jelas Deri, Sabtu (21/5/2016).
Sebelumnya diberitakan, awan panas gunung Sinabung dikabarkan menewaskan tiga orang warga di Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
"Jadi sekarang ada tim ke lokasi kejadian untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Sebenarnya, warga tidak boleh lagi tinggal di Desa Gamber," tambah Deri.
Misteri menggemparkan seputar gunung sinabung yang menghebohkan ini bisa bikin kamu merining. Tak seorang pun menduga bahwa gunung yang sudah ratusan tahun tertidur tiba-tiba erupsi.

1. Meletus 800 Tahun Silam
apa penyebab gunung sinabung bisa meletus
Penemuan fosil kayu yang telah terbakar di kedalaman 20 meter menjadi bukti meletusnya Gunung Sinabung di masa lampau. Lokasi penemuan fosil terletak di Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Padahal, Gunung Sinabung sebelumnya masuk dalam daftar gunung mati yang tidak pernah meletus sejak tahun 1600. Namun ternyata, gunung ini justru mengeluarkan letusan yang sangat dahsyat.

2. Tidak Meletus di Tengah
kumpulan foto gunung sinabung seram menyeramkan penuh misteri
Biasanya, gunung akan meletus dibagian tengah dan mengeluarkan lava pijar. Tapi, erupsi Gunung Sinabung agak berbeda dari gunung kebanyakan. Gunung ini meletus di bagian sampingnya bukan di puncak. Masyarakat justru khawatir dengan fenomena langka ini. Pasalnya, jika bagian yang samping terus terkikis, maka berpotensi membuat gunung tersebut rata dengan tanah.

3. Gunung Sinabung Bukan Sibayak
berita terbaru gunung sinabung hari ini
Persepsi masyarakat Karo trhadap Gunung Sibayak dan Sinabung mendatangkan kejutan yang luar biasa. Masyarakat lebih berhati-hati terhadap keberadaan Gunung Sibayak yang mendapat label gunung hidup/aktif. Pasalnya, gunung itu pernah meletus ditahun 1881. Namun siapa sangka, ternyata Gunung Sinabung justru meletus dengan lebih dahsyat dan memakan banyak korban.

4. Misteri Orang Berdoa
kumpulan gambar gunung sinabung
Letusan Gunung Sinabung tak hanya menyisakan duka, namun juga menorehkan kisah misteri. Beberapa masyarakat menceritakan bahwa pada saat kejadian erupsi Sinabung, abu vulkanik meletup ke angkasa membentuk orang sedang berdoa.

Fenomena ini sungguh tidak biasa. Kepulan awan dan abu vulkanik yang muncul dari gunung seharusnya terbentuk mengikuti arah angin, tapi tiak berlaku untuk gunung sinabung.

Banyak yang beranggapan ada makna dibalik symbol orang berdoa ini. Sebagian menyimpulkan bahwa kepulan yang mirip berdoa itu mengingatkan untuk selalu berdoa agar selamat dari mara bahaya.

5. Anak Gunung Toba
sejarah gunung sinabung yang disebut sebagai gunung non aktif
Gunung Toba adalah gunung bersejarah yang letusannya paling mengerikan di dunia. Gunung tersebut meletus ratusan tahun silam. Erupsi yang dihasilkan disebut-sebut hampir membuat manusia punah. Bahkan orang menjulukinya sebagai kiamat purba.

Hasil dari letusan Gunung Toba menciptakan dua buah gunung, yaitu gunung Sinabung dan gunung Sibayak. Gunung yang berhasil membentuk Pulau Samosir and Danau toba ini berhasil meninggalkan 2 anak gunung aktif dan pernah meletus.

6. Erupsi Terlama di Indonesia
apa penyebab gunung sinabung meledak
Gunung Sinabung berhasil pecahkan rekor erupsi terlama di Indonesia. Rekor sebelumnya sempat diraih oleh Gunung Bromo dngan lama erupsi hingga tujuh bulan. Namun kini, rekor gunung itu telah digantikan oleh Gunung Sinabung yang memakan waktu erupsi lebih lama.

Tentu setusan Gunung Sinabung berdampak negatif terhadap perekonomian, juga jiwa dan raga. Gunung Sinabung juga diklaim lebih tinggi dibandingkan Gunung Bromo, Galunggung dan Agung.

Salah satu manfaat erupsi yang dihasilkan adalah menjadikan tanah menjadi lebih subur. Material-material seperti abu dan pasir mengandung zat yang dibutuhkan tanaman.

Sumber: http://www.tandapagar.com/gunung-sinabung/
Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/05/21/340/1394532/hari-ini-gunung-sinabung-meletus-empat-kali
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini