Perbedaan Utama Antara "Minggu dan Pekan" dalam Seminggu

Apa bedanya antara pekan dengan minggu. Seperti halnya sepekan dan atau seminggu? mana yang lebih benar dan mana yang salah? mari kita bahas!!

Seyogyanya, baik itu "kata pekan" maupun "kata minggu" sama-sama tepat untuk digunakan dalam menunjukkan waktu. Mereka bisa saling menggantikan sebagai standar dalam durasi tujuh hari.

Coba lihat skema dibawah:
  • 1a. pekan depan.
  • 1b. minggu depan.
  • 2a. akhir pekan.
  • 2b. akhir minggu.
Mereka memiliki maksud yang sama, tidak ada bedanya. Hanya saja untuk "pekan" lebih sering dipakai pada acara formal dan atau media berita. Pasti Anda lebih sering mendengar kata pekan ketimbang minggu pada acara televisi siaran berita dan atau berita pada sebuah situs. Sedangkan untuk kita-kita, lebih dominan dan akrab dengan sebutan minggu. Misalnya, malam mingguan yang didefinisikan sebagai malam yang indah untuk pasangan remaja karena besok libur sekolah.

Menilik asal mula penggunaan kata

Kata minggu berasal dari bahasa Portugis domingo (digunakan untuk merujuk nama hari).
Kata pekan berdasarkan korpus Malay Concordance Project yang merupakan sebuah kosakata asli dari bahasa Melayu. Pada awalnya, pekan digunakan sebagai perujuk sebuah tempat perniagaan atau pasar. Misalnya: pekan raya (pasar malam besar).
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini