Bahan Sederhana Membuat Kembang Api (Disertai Gambar)

Kembang api adalah mainan terlaris pada musim-musim tertentu. Misalnya, malam tahun baru, atau pada bulan Ramadhan, dan yang mirip lainnya.

Meskipun kembang api sudah banyak dijual dipasar dengan harga yang cukup murah, tapi kalau bisa buat sendiri, akan lebih menyenangkan. Selain itu, jika Anda mahir mengembangkan tutorial membuat kembang api, Anda bisa memanfaatkannya sebagai pekerjaan yang bisa diandalkan.

Beberapa jenis kembang api yang modern misalnya, kembang api warna warni, jadi bukan hanya satu warna saja. Dengan banyaknya warna yang dihasilkan, membuat harga yang ditawarkan dapat melonjak.

Namun sebelum mengembangkan kemampuan dalam membuat kembang api modern, alangkah baiknya jika mengetahui dasar-dasar pembuatan kembang api.

BERIKUT BAHAN PEMBUAT KEMBANG API SEDERHANA RAKITAN SENDIRI

Serbuk Besi Baja : 6 gram

Sulfur / Belerang : 1 gram


Serbuk Sendawa : 9 gram

Kawat tali : secukupnya

Lem kayu / perekat kayu : 10 cc

Serbuk karang ayu : 1 gram
Advertisement

PROSES PEMBUATAN KEMBANG API
  1. Masukkan lem kayu kedalam ember.
  2. Campurkan Belerang, Serbuk besi baja, Serbuk Sendawa, dan Serbuk karang ayu menjadi satu. Kemuian tumbuk sampai halus.
  3. Masukkan hasil adonan kedalam ember berisi lem kayu tersebut.
  4. Celupkan kawat tali ke dalam adonan, lalu angkat dan biarkan sampai kering.
  5. Setelah kering, bakar dan lihat hasilnya.

MEMPERCANTIK KEMBANG API DENGAN BANYAK WARNA

Proses pembuatan kembang api berwarna sama saja seperti pada pembuatan kembang api biasa. Bedanya terletak pada senyawa oksidator yang digunakan.

Berikut bahan campuran untuk menghasilkan warna bervariasi:
  • Kalium nitrat (warna ungu).
  • Barium nitrat (warna hijau).
  • Nitrat Stronsium (warna merah).
Bahan-bahan tersebut bisa diapat dari toko peralatan kimia. Anda juga dapat mencampur garam logam lainnya untuk menguji warna yang dihasilkan. Sebaiknya hanya coba dalam satu warna saja dulu.

Demikian tips dan trik membuat kembang api sederhana. Lebih aman daripada membuat petasan/ mercon. Karena efek samping kembang api jauh lebih kecil. Selamat mencoba..
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini