Cara Kompres Video 100 MB Jadi 10 MB di HP Android Gratis

Beberapa hari yang lalu, saya hendak upload video ke youtube, tapi ukuran vidio saya 107MB, sedangkan koneksi internet saya terbilang lemot. Kalau harus tetap di upload, biasanya butuh waktu hingga 5 jam lebih, tentu sangat bunag-buang waktu.

Mau edit video langsung di komputer, komputer saya sound-nya error sejak pertama kali di install, otomatis aplikasi edit video tidak bisa jalan di kompi saya. Untung saja ada sebuah aplikasi edit video yang dapat di install ke hp samsung Android, jadi masih tetap bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas video.

Mungkin ada banyak aplikasi editor video yang dapat di download secara gratis di google play, tapi sedikitnya sudah ada 3 aplikasi yang saya download, tapi yang memuaskan cuma yang terakhir. Disini saya akan berikan sedikit Review dan pengalaman saya setelah coba install dan menggunakan aplikasi edit video offline / tanpa koneksi internet di handphone.

Yang pertama, ternyata versi trial selama 3 hari, itupun setelah aplikasi berhasil didownload, harus download plugin tambahan agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Tanpa pikir panjang, saya langsung mengambil langkah seribu bayangan untuk menyepak aplikasi tersebut. Nyesel saya download aplikasi itu, sudah buang-buang kuota, ternyata trial, itupun masih wajib download embel-embel lainnya.

Saya pikir, saya tidak perlu menyarankan agar Anda ikutan ngedownload, karena pastinya juga akan menyita waktu Anda dan hasilnya nihil.

Nah, untuk yang kedua kalinya, saya download lagi aplikasi sejenis di toko yang sama. Untuk kali ini aplikasinya bernama Video Compress. Namun fiturnya hanya kompres saja. Namun, ada keunggulan dari aplikasi ini, Anda diberi banyak pilihan, apakah ingin mengompres video menjadi 60MB, 50MB, sampai yang terkecil hanya 2MB saja. Tapi semakin kecil ukuran video, semakin kecil pula pixelnya (lebar/tinggi).
Untuk download Video Compress, Anda bisa pakai link dibawah:
  • Download langsung lewat HP DISINI
  • Download pakai laptop disini. (ekstensi .apk bisa disalin dari laptop ke hp)

Namun ternyata saya belum cukup puas dengan aplikasi tersebut, karena saya juga membutuhkan fitur tambahan, yaitu ingin menambahkan teks dan suara tambahan kedalam video kreasi saya. Lalu saya cari lagi di internet, akhirnya nemu juga aplikasi edit video yang sepertinya lebih lengkap, tanpa pikir panjang, saya langsung menginstallnya, dan setelah berhasil terinstall, ternyata memang benar adanya. Aplikasi ini bernama VideoShow Last update June 4, 2016.


Fitur-fitur VideoShow :

1. Edit Video

- Theme
  • Pada theme, Anda bisa memilih salah satu dari 4 pilihan
  • None (tanpa theme/ default/ asli video Anda)
  • Fade Out (menambah tulisan berjalan naik di akhir video plus suara)
  • Summer (tambahan warna background kelap kelip 7 warna plus suara dan teks)
  • Elegant (tambahan warna background seperti cahaya bergaris di pojok bergantian, kanan dan kiri plus suara dan teks)
  • Pilihan lain, bisa didapat dengan download fitur tambahan.

- Duration
  • Memotong Video (logo gunting)
Pada durasi, Anda dapat memotong video. Misalnya video Anda berdurasi 10 menit, lalu Anda ingin memotong bagian awal 5 detik dan bagian akhir 10 detik, maka Anda bisa menyetel dengan klik Trim > Precise Time.
Pada Star time, buat 00 : 05 : 0
Pada Emd time, buat 09 : 50 : 0
Pengaturan diatas akan memulai video di detik ke 5 dan berakhir di menit ke 9, detik ke 50 (9 menit lebih 50 detik, jadi setelah disimpan, hasilnya cuma 9 menit 45 detik)
Sayangnya, fitur ini belum tersedia untuk memotong hanya video bagian tengah saja.

  • Memperbesarkan Video (logo kaca pembesar)
Pada Zoom, Anda bisa memfokuskan bagian tertentu layaknya pada foto agar tangkapan layar yang jauh menjadi terlihat lebih dekat dan lebih jelas.

Cara menggunakannya, cukup klik Zoom > Tempelkan dua jari ke layar dan renggangkan. (Cara ini sama persis ketika meZoom foto)
Sayangnya fitur zoom ini hanya berlaku di semua clip, jadi dari awal hingga akhir yang terlihat sama.

  • Menjungkir Balikkan Video
Pada Rotate, Anda dapat merubah versi video dari vertikal menjadi horizontal dan sebaliknya. Namun tentunya, ketika video asli versinya horizontal, kemudian dirubah menjadi vertikal, sebagian gambar disamping kanan dan kiri bisa terpotong karena lebar layar tidak memumpuni.

  • Copy Sebagian Durasi Video
Pada Copy, Anda dapat menduplikat bagian tertentu pada video dan dapat menyatukan ke video lain atau yang sama. Ini berguna ketika Anda ingin mengulang salah satu clip yang sama tanpa harus merekam kembali. Cara menggunakannya, tekan pada titik durasi, pada menit keberapa yang ingin di copy.

  • Memperlambat Laju Gerak
Pada Speed, Anda dapat melambatkan pergerakan dalam video. Pilihan yang tersedia (1/4x sangat pelan), (1/2x), (2x), (4x agak pelan).

Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda menyuguhkan klip video seputar tutorial/ pertunjukan yang pergerakannya super cepat. Kemudian, Anda ingin memperlihatkan versi pelan agar penonton bisa lebih memahami cara bermain dalam video tersebut. Untuk fitur ini, ada preview sebelum video benar-benar disimpan dalam keadaan pelan.

Untuk menyimpan pengeditan, klik tanda checklist warna putih di pojok kanan atas. Video ini sementara disimpan secara otomatis pada draft. Jadi belum bisa dikirim atau dibuka layaknya video ekstensi mp4, 3gp dan sejenisnya.

- Music
Fitur musik bagian ini akan memutar musik mp3 baru secara full dalam video. Jika ingin menambahkan musik sepotong-sepotong, gunakan fitur musik pada menu Pro Edit.

- Pro Edit
Pada menu ini, ada banyak pilihan yang bisa Anda nikmati secara gratis tanpa batas. Berikut diantaranya:

  • Clip Edit (Logo Pensil)
Fitur pada Clip Edit sama persis dengan fitur sebelumnya, Duration.

  • Subtitle
Pada subtitle, Anda dapat menambahkan teks yang apat diselipkan kedalam video. Anda dapat menentukan, apakah tulisan ini akan ditampilkan penuh dari awal atau pada menit tertentu dengan menyeret tanda pada durasi.
Bukan hanya teks biasa, bahkan Anda juga dapat mempercantik teks tersebut dengan beberapa animasi. Misalnya teks muncul dari kanan/ kiri yang menari/ berputar dulu, dll. Ada pilihan background menarik juga yang bisa dipilih pada fitur ini.

Selain itu, Anda juga bisa merubah warna teks, sehingga bisa disesuaikan dengan latar belakang video agar teks menjadi lebih terlihat.

  • Font
Jenis font juga beragam. Pada editor versi akhir, seikitnya ada 10 jenis font keren yang bisa Anda pakai untuk mempercantik gaya teks. Jika ingin jenis font tambahan, Anda bisa mendownloadnya pada menu My Font.

  • Sticker
Pada sticker, Anda dapat menambahkan gambar mini/ logo kedalam video Anda. Untuk sticker bawaan saya pikir sudah komplit. Mulai dari kumpulan sticker mirip pada facebook messenger, ada juga beberapa sticker bertuliskan love, lol, omg, wow, hello, dan lain-lain.

Jika menurut Anda masih belum cukup, bahkan Anda juga dapat menggunakan gambar khusus yang diambil dari memori hp Anda. Caranya dengan klik logo kamera, lalu pilih GIF atau tombol disampingnya. Agar sticker lebih matching engan video, saya sarankan agar menyediakan gambar yang transparent. Sehingga sebagian besar video tidak tertutupi oleh background gambar yang berlebih.

  • Multi Music
Paa fitur ini, Anda dapat menyelipkan beberapa musik pendek sebagai pelengkap video Anda. Misalnya video Anda terlalu sunyi, maka bisa dengan menambahkan musik agar lebih rame.

  • Filter
Pada filter, Anda dapat menyulap video yang gelap menjadi lebih terang, atau bahkan ingin membuat video Anda terlihat menjadi seperti likusan minyak. Semua itu bisa didapatkan di menu Filter.

  • Draw
Jika Anda seorang seniman, Anda dapat melukis video Anda langsung dengan jemari Anda di layar Android. Ini sangat kreatif, karena pastinya menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi.

  • Sound
Pada sound, Anda dapat langsung menambahkan suara yang keluar dari mulut Anda sambil melihat video Anda berputar. Sangat mengesankan.

2. Photo Video
Photo video memungkinkan untuk menyatukan beberapa foto menjadi sebuah video. Fitur pada photo video sama seperti yang telah saya jelaskan diatas.

3. Shoot Video (video shoting)
Shoot video memungkinkan pengeditan video dari video yang diambil secara langsung dengan kamera. Fitur pada shoot video sama seperti yang telah saya jelaskan diatas.

4. Compress Video
Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengompres video berukuran ratusan MB menjadi puluhan MB. Lama proses kompresi tergantung besar kilo bit video Anda.

5. Video to MP3
Bukan hanya pengeditan dan kompresi saja, aplikasi ini bahkan menukung konversi suara. Anda dapat menghilangkan gambar paa video dan menyimpan video tersebut dalam format .mp3
  • Download VideoShow langsung di Android disini
  • Download lewat laptop/ notebook/ komputer disini
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini