Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan

Anda mungkin tidak percaya bahwa kurang tidur membawa banyak dampak buruk, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidur merupakan kebutuhan wajib semua orang tanpa batasan usia. Bahkan, bayi memerlukan jam tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa. Jam tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah: antara 6 hingga 8 jam / hari.

Tapi berdasarkan fakta yang terlihat, banyak diantara kita yang lalai untuk memenuhi jatah tidur malam, namun menggantinya dengan tidur siang. Keadaan ini terus meningkat seiring penatnya pekerjaan yang dikerjakan malam hari.

Jika kita punya waktu sebagai pengganti, misalnya tidur siang, mungkin tidak terlalu berisiko, asalkan tidak terjadi setiap hari. Akan lebih berbahaya jika kita tidak punya waktu yang cukup untuk memenuhi jam tidur, berikut diantaranya:

Kecelakaan Lalu Lintas
Umumnya, kecelakaan dijalan raya disebabkan oleh tiga hal: mengantuk, mabuk, dan melanggar aturan lalu lintas. Mengemudi dengan keadaan mengantuk sangat berisiko. Orang yang kurang tidur berpotensi cukup besar dapat mengantuk ketika di perjalanan.
Jika Anda sudah memiliki rencana untuk perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi, sebaiknya luangkan waktu untuk istirahat, serta tidur malam yang cukup.

Gangguan Kemampuan Belajar
Kurang tidur berdampak buruk untuk pelajar, atau siapapun yang diperlukan konsentrasi dan nalar yang baik. Seseorang menjadi mudah lupa ketika mengantuk, hal ini karena hilangnya konsentrasi yang berakibat fatal untuk pekerjaan Anda.

Menurunkan Tingkat Libido dan Kadar Testosteron
Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang lemas, kurang ber-energi, dan rasa ngantuk yang berlebihan. Libido mengarah pada kesehatan pria dewasa, seperti impotensi dan ejakulasi dini.

Depresi
Gejala depresi akibat kurang tidur yang paling mudah di deteksi adalah: rasa cemas berlebihan, sangat sensitive, mudah tersinggung dan marah, serta kondisi badan yang lemas.

Merusak Kulit
Kurang tidur mengakibatkan kulit Anda menjadi pucat, keriput dan muncul garis halus. Hal terparah biasanya akan menghasilkan lingkaran bengkak pada bagian mata serta mengeluarkan kortisol / hormon stress yang banyak. Kortisol yang berlebihan dapat merusak kolagen, sehingga kulit menjadi tidak elastis.

Menghambat Pertumbuhan
Tidur adalah sebuah proses metabolisme untuk pertumbuhan. Kurang tidur menyebabkan masa otot melemah, juga berakibat kerusakan jaringan tubuh diberbagai titik tubuh.

Dampak buruk lainya akibat kurang tidur malam:

Sering menghayal, berisiko penyakit jantung, berisiko terserang stroke, memicu diabates tipe 2, lebih cepat pikun, gangguan kognitif, dan gangguan nafsu makan.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini