Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil 2,3,4,5,6,7,8,9 Bulan

Seorang wanita yang hamil memiliki beberapa pertanda yang dapat dilihat dari fisik/ bentuk tubuhnya. Setelah janin (calon bayi) menempel pada rahim sang ibu, maka tubuh orang tua (ibu) mulai memproduksi dan menyalurkan hormon kehamilan (gonadotrophin hormone, HCG). Pada tahap awal pembuahan hormon akan memproduksi dalam skala kecil. Berjalannya waktu, hormon mulai semakin menggendut.

Tingkat jumlah hormon yang semakin meluas dapat digunakan sebagai petunjuk atau informasi bahwa mereka kemungkinan sedang hamil. Pada tahap awal kehamilan sekitar 1-2 minggu, sulit untuk mendeteksi apakah wanita tersebut sedang hamil atau tidak. Ciri-ciri fisik orang sedang hamil akan mulai terlihat setelah hormon HCG kian meningkat yaitu pada usia kehamilan 5-6 minggu (1,5 bulan).

Berikut Ciri–Ciri Fisik Orang Yang Sedang Hamil:

Payu-dara Lebih Lembut dan Besar
Beberapa minggu setelah terjadi pembuahan, maka hormon estrogen dan progesteron kian meningkat dan menyebabkan Payu-dara menjadi lebih lembut dan membesar. Selain itu, pada area pu-ting Payu-dara mulai terlihat membengkak dan berwarna hitam. Hal ini terjadi dikarenakan meningkatnya pigmen kulit atau melanin. Untuk wanita hamil, volume darah akan meningkat sekitar 50 persen, sehingga pembuluh darah pada Payu-dara akan semakin terlihat.

Perut Membuncit
Ya tentu saja, ini adalah ciri paling umum dan terlihat ketika wanita sedang hamil. Namun kebanyakan, usia kehamilan dibawah 3 bulan belum begitu terlihat buncitnya.

Sering Buang Air Kecil
Pada tahap awal kehamilan, rahim perempuan akan mulai membesar dan bisa menekan kandung kemih anda. Akibatnya, Anda akan terasa ingin selalu buang air kecil setiap saat. Meskipun proses ini agak mengganggu aktifitas Anda, namun disarankan untuk segera buang air kecil ketika terasa, karena jika tidak, resiko infeksi saluran kandung kemih akan meningkat.

Cepat Lelah
Hormon progesteron memperlambat metabolisme tubuh, hal ini membuat Anda merasa cepat lelah. Juga dikarenakan tubuh Anda bekerja lebih keras dari hari biasanya untuk perkembangan janin dalam rahim. Jadi, cepat kelelahan merupakan salah satu tanda-tanda pada orang hamil.

Ingin Muntah (Mual)
Ingin muntah di-pagi hari selama kehamilan adalah sesuatu hal yang lumrah. Secara medis, hal ini memang belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya, namun besar kemungkinan kerena hormon HCG yang mulai meningkat pada tubuh Anda. Untungnya proses ini hanya terjadi pada trimester pertama kehamilan (1-3 bulan) dan akan hilang dengan sendirinya setelah memasuki trimester kedua (3-6 bulan) usia kehamilan.

Gangguan pada Usus
Meningkatnya hormon progesteron akan melemaskan beberapa jaringan otot di tubuh anda, termasuk juga saluran pencernaan. Hal ini menimbulkan lebih banyak gas, perut kembung, bersendawa, sembelit, dan mulas.

Suhu Tubuh Meningkat
Peningkatan aliran darah ke sekujur tubuh selama kehamilan, ditambah dengan pembuluh darah yang melebar luas akibat dari relaksasi otot, memungkinkan darah untuk lebih dekat ke permukaan kulit yang dapat menyebabkan peningkatan suhu pada tubuh Anda.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini