Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe adalah tanaman herbal yang mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah diantaranya :

1. Menghangatkan tubuh
Jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Bagi penduduk yang berada dikawasan pegunungan, wedang jahe sudah menjadi minuman wajib untuk mereka. Bagi Anda yang kehujanan, minuman jahe menjadi salah satu minuman terbaik untuk mengurangi hawa dingin. Selain itu, wedang jahe juga dapat mengobati masuk angin.

2. Pencegahan Timbulnya Kanker
Ekstrak jahe ternyata dapat memperbaiki beberapa sel kanker yang rusak, yaitu: mencegah penyebaran gejala kanker kulit, pankreas, kanker ginjal dan gejala kanker paru-paru.

3. Perbaikan Pernafasan
Masalah pernafasan yang paling sering dialami adalah batuk dan pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan.

4. Melancarkan Pencernaan
Selain buah-buahan segar, minuman jahe ternyata juga dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Jahe dapat mengurangi peradangan yang akan membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan terjadinya sakit perut.

5. Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri
Di dalam sari jahe, terkandung senyawa anti inflamasi. Senyawa ini dapat digunakan untuk meredakan luka memar secara alami akibat benturan benda keras. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

6. Mengatasi Kulit Berminyak
Jahe mengandung bahan mineral alami yang ampuh untuk mengurangi kulit berminyak. Untuk penggunaan, Anda perlu menambahkan garam, bubuk kayu manis dan pala bubuk.
  • Haluskan jahe, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk dengan ditambah air, hingga membentuk sebuah pasta
  • Oleskan pada bagian wajah yang berminyak
  • Diamkan selama 12 menit
  • Bilas dengan air bersih yang dingin

7. Menghilangkan ketombe
Sari jahe dikenal sebagai bahan pencuci rambut untuk mengurangi ketombe. Selain masalah ketombe, ekstrak jahe juga dapat mencegah timbulnya masalah kerontokan pada rambut.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini