3 Obat Tradisional Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Semua orang perlu gigi untuk dapat mengkonsumsi makanan dengan baik. Coba bayangkan, jika manusia tidak memiliki gigi satupun, bagaimana dia bisa memakan makanan yang alot dan keras. Kalaupun bisa, itu tidak akan terkunyah dengan lembut. Akibatnya, organ bagian dalam yang menggiling makanan tersebut akan kewalahan dan akhirnya menimbulkan penyakit baru.

Gigi yang sakit karena berlubang bukan merupakan sesuatu yang langka. Semua orang tentu pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Bahkan, dokter gigi sekalipun saya rasa juga berpotensi terserang sakit gigi. Jika belum pernah, mungkin karena belum saatnya saja.

Dalam rangka menyembuhkan gigi yang sakit, tentu ada bermacam-macam cara. Mulai dari yang alami/ tradisional, lewat klink, praktik ritual, juga dari medis/ kedokteran, atau bahkan mungkin ada yang sampai ke dukun segala.

Dengan menimbang dari berbagai sisi, misalnya mencari jalan alternatif sebagai pengobatan gigi yang murah namun ampuh atau mujarab dan sebagainya, juga mungkin ingin mengindari risiko atau efek samping yang mungkin ditumbulkan dari obat kimia, perlu rasanya mencoba obat-obatan yang sifatnya alami.

Obat yang alami sudah sejak lama dipakai oleh orang jaman dulu, hanya saja, pada zaman modern seperti saat ini, telah banyak para ilmuwan yang menemukan racikan-racikan baru yang mungkin akan lebih bagus bila diterapkan.

Kebanyakan, pasien yang giginya masuk dalam kategori sensitif, akan lebih mudah terserang penyakit jenis ini. Penyebabnya bukan lain karena banyak pemicu atau penyebab yang akan itemui. Misalnya, gigi ngilu ketika minum es atau air dingin, gigi terasan ngilu ketika menggigit benda yang agak keras dan alot.

Untuk saya pribadi, dalam upaya mengatasi sakit gigi, dilihat dari beberapa faktor, misalnya, ketika sakit gigi yang tak tertahankan, biasanya saya pergi ke dokter. Tapi jika hanya sakit ringan, mencoba dengan obat alami saja dulu, karena selain jauh dari risiko, bahan bahan yang dipakai juga cukup terjangkau alias murah.

Nah, jika saat ini Anda sedang menderita sakit gigi dan belum sempat pergi kedokter karena mungkin terlalu jauh atau terpentok biaya, perlu rasanya mencoba tips dan trik pengobatan alamiah berikut ini:

1. Bawang putih
gambar orang ngunyah bawang putih
Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat dipakai sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit kronis, salah satunya sakit gigi.

Cara penggunaan:
  • Tumbuk 1 siung bawang putih dan campur dengan garam secukupnya.
  • Tempelkan bawang putih yang telah halus tersebut ke gigi berlubang.
  • Sedangkan untuk gigi yang sensitif, cukup dengan mengunyah 1 siung bawang putih, kemudian kumur dengan air hangat agar tidak terlalu bau mulut.
Menurut pengalaman penulis, akan ada sedikit sensasi bau mulut setelah memakai cara ini, tapi hanya sebentar. Yang penting sakit gigi hilang, iya toh?

2. Merica
gambar merica
Merica juga sangat akrab dengan dapur, karena fungsinya juga sebagai bumbu masakan. Ini juga dapat dijadikan sebagai obat alternatif sakit gigi berlubang dan juga gigi sensitif.

Cara penggunaan:
  • Campurkan merica dan garam dalam takaran yang sama (1:1).
  • Tambahkan sedikit air sambil diaduk sampai hasilnya menyerupai pasta
  • Tempelkan adonan tersebut ke gigi yang sakit hingga beberapa menit. Berlaku untuk gigi berlubang dan gigi sensitif.
Kalau pengobatan pakai merica ini, penulis belum pernah mencobanya, tapi sepertinya akan timbul sensasi pedas, karena merica itukan agak pedas, iya gak ibu-ibu?

3. Biji Alpukat
gambar biji alpukat
Tau buah Alpukat? tau dong, buah alpukat sering dikonsumsi sebagai Juss. Penulis biasanya kalau pengen jus ya jus alpukat, hasilnya kentel banget, tapi nikmat. Momen yang pas untuk buka puasa. Selain enak buat minuman, alpukat ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan, atau lebih tepatnya pengobatan, tapi hanya biji alpukatnya, bukan sama dagingnya.

Cara penggunaan:
  • Ambil 1 biji alpukat, cuci sampai bersih ya, karena biasanya akan tersisa lapisan terdalam daging alpukat menempel pada biji. Setelah bersih, lalu dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik matahari.
  • Proses pengeringan harus sempurna. Sebaiknya jemur ketika cuaca benar-benar panas.
  • Setelah kering, haluskan biji biji alpukat dengan cara ditumbuk/ di blander.
  • Hasilnya, biji alpukat menjadi butiran-butiran debu (bubuk).
  • Masukkan bubuk biji alpukat tersebut kedalam gigi yang berlubang atau dioleskan pada gigi yang sakit. 
Dari ketiga obat alami diatas, pengobatan sakit gigi juga bisa dilakukan dengan cara memijit area gigi yang sakit. Yang dipijat bukan giginya sobat, tapi bagian luarnya. Hal ini akan mengurangi rasa sakit yang tek tertahankan.

Selain dengan cara dipijit, penulis juga kerap memasukkan air es kedalam mulut dan membiarkan hingga beberapa saat, lalu disemburkan. Trik ini bisa mengurangi sensasi sakit yang luar biasa, tapi tidak berlaku untuk penderita gigi sensitif ya.

Nah, jika nanti sudah sembuh, usahakan untuk melakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah munculnya sakit gigi untuk yang kedua kalinya:
  • Biasakan sikat gigi sebelum tidur.
  • Sikat gigi minimal 2kali/sehari dan maksimal sepuasnya.
  • Hindari memakan makanan yang mengandung pemanis non-alamiah
  • Kurangi memakan cokelat dan permen, karena dapat mempercepat gigi berlubang. Jika tidak dapat menyetop, usahakan selalu membersihkan gigi selepas memakan makanan tersebut dengan cara berkumur kumur, atau bila perlu langsung sikat gigi.
  • Untuk gigi sensitif, direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gigi untuk mendapatkan saran terbaik.
Apa yang penulis coretkan disini bukan dari hasil penelitian/ yang ada dibuku, tapi sebagian dari pengalaman dan sebagiannya lagi ari saran rekan rekan yang telah mencobanya. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter Anda.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini