Script Untuk Memotong Teks Post Snippet di Blog

Ketika sedang membuka halaman utama sebuah blog, atau membuka halaman search label dan halaman pencarian query yang tidak dilengkapi dengan script Posting Snippet Auto ReadMore, akan terasa sangat penuh dan membuang ruang pada blog. Karena berapapun jumlah teks/ karakter pada masing-masing posting akan ditampilkan disana.

Nah, itulah kegunaan kode script ini, agar tidak terkesan menumpuk dan acak-acakan tampilan blog Anda. Karena jumlah teks akan di sama-ratakan, sehingga terlihat lebih rapi dan enak dilihat.

Selain itu, sebuah blog juga berpotensi mendapat penayangan lebih tinggi. Hal ini karena pengunjung belum melihat 100% artikel pada sebuah halaman posting ketika membuka homepage ataupun halaman label, dan baru melihat cuplikannya saja. Jika mereka penasaran, maka akan dibuka list posting Anda.

Contoh Pemasangan Snippet Posting Blogspot
Contoh Pemasangan Snippet Posting Blogspot

Untuk pemasangan, silahkan masuk ke template blog Anda. Script ini bisa diterapkan untuk hosting manapun, termasuk dari blogger dan wordpress.

Masukkan script berikut diatas kode </body> pada template blog Anda, atau dibawah <body> juga bisa. Tapi akan lebih cepat dimuat ketika diletakkan dibawahnya.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$('.item-snippet').each(function(){
  var txt=$(this).text().substr(0,300);
  var j=txt.lastIndexOf(' ');
  if(j>42)
     $(this).text(txt.substr(0,j).replace(/[?,!\.-:;]*$/,'...'));
});
//]]>
</script>
  • Pada contoh screenshot post ini, saya menggunakan 300 karakter. Tentunya Anda sesuaikan sendiri sesuai kesenangan Anda.
  • Untuk .item-snippet dimaksudkan untuk memotong tulisan yang dibungkus CLASS item-snippet. Jika kode itu tidak ada, untuk pengguna blogger bisa menggantinya dengan .post-body
Tentunya setingan disesuaikan dengan bentuk kerangka template blog masing-masing. Jika masih ada yang bingung, saya siap membantu. Silahkan tulis pertanyaan dan URL blognya di komentar (bukan link hidup).
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini