5 Tips Memilih Mesin Jahit untuk Pemula

gambar mesin jahit
Bagi seorang pemula yang belum begitu paham atau mungkin tidak paham sama sekali tentang dunia jahit-menjahit, memilih mesin jahit yang bagus bukanlah sesuatu hal yang mudah. Mengingat saat ini ada banyak sekali toko yang menjual mesin jahit dengan ragam jenis mesin beserta keunggulannya.

Tentu seorang pemula memerlukan beberapa panduan dasar dalam memilih mesin jahit agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Nah, jika Anda saat ini sedang bingung menentukan mesin jahit mana yang paling sesuai untuk Anda, berikut ini adalah beberapa tips dari kami dalam memilih mesin jahit yang tepat untuk pemula:
  1. Ketahui kebutuhan Anda
  2. Umumnya penjahit pemula tidak begitu memerlukan mesin jahit yang sangat canggih seperti mesin yang sudah memiliki sistem komputerisasi atau memiliki banyak fungsi jahitan. Mesin jahit standar saja sudah cukup, asalkan mampu menangani berbagai jenis kain, tidak membuat kain menjadi melar atau mengkerut serta tidak menghasilkan jahitan yang kendur. Apabila Anda masih kurang yakin, mintalah pertimbangan kepada petugas di toko jual mesin jahit mengenai mesin mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.
  3. Perhatikan rangka mesin
  4. Ada banyak merek mesin jahit yang bisa Anda pilih, namun tentunya Anda ingin memilih mesin yang lebih awet, bukan? Karenanya, perhatikan bahan rangka mesin tersebut. Pilih mesin dengan rangka yang kuat dan kokoh sehingga tidak mudah rusak meski digunakan setiap saat, seperti rangka dari besi misalnya.
  5. Pertimbangkan suku cadang yang mudah didapat
  6. Sangat disarankan untuk memilih mesin jahit yang memiliki suku cadang atau sparepart yang banyak dan mudah didapatkan di pasaran. Hal ini akan sangat membantu Anda jika suatu saat terjadi kerusakan pada mesin dan memerlukan penggantian suku cadang.
  7. Milikilah manual book
  8. Sebaiknya pilih mesin jahit yang disertai manual book atau buku panduan tentang cara penggunaan. Anda bisa menanyakan langsung kepada petugas di toko jual mesin jahit mengenai manual book ini. Manual book sangat berguna bagi Anda agar lebih memahami dan dapat mengoperasikan mesin termasuk menangani masalah-masalah sederhana yang mungkin terjadi.
  9. Pilihlah barang yang bergaransi
  10. Sebelum memutuskan membeli mesin jahit tertentu, pastikan bahwa mesin jahit tersebut bergaransi dengan masa garansi yang cukup lama. Dengan demikian, jika terjadi kerusakan pada mesin, Anda akan mendapatkan fasilitas perbaikan dan penggantian suku cadang secara gratis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Itulah beberapa tips memilih mesin jahit untuk pemula yang bisa Anda terapkan. Yang pasti, jangan mudah tergiur dengan fitur-fitur canggih atau promo yang disediakan oleh toko penjual mesin jahit.

Jika Anda penasaran dengan berapa harga mesin jahit yang paling murah di kelasnya, atau harga pasaran mesin jahit model terbaru, Anda bisa cari tau di toko jual mesin jahit.

Pastikan mesin jahit yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan dan kemampuan Anda ya. Semoga bermanfaat!
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini