Syarat Psikis Sebagai TIPS Untuk Wanita Yang Mau Jadi PILOT

Halo sobat kangsigit dimanapun Anda berada. Kali ini saya akan berbagi tips ke para cewek yang memiliki minat untuk menjadi seorang PILOT Pesawat Terbang.


Images by Tribunnews.com

TIPS ini saya bagikan atas pengalaman dari salah seorang Kapten PILOT berpengalaman di Indonesia, Monika Anggreini, yang saya rangkum dari Tribunnews Jambi. Mengapa tips ini saya tujukan untuk para wanita? karena yang memberikan tips ini adalah seorang Kapten wanita, dan ia memberikan beberapa tips ini ke para wanita yang ingin menekuni dunia penerbangan sebagai Pilot.

Meskipun Pilot awalnya dimonopoli oleh kaum laki-laki, namun saat ini tidak sedikit para alumni atau lulusan sekolah penerbang wanita. Ini membuktikan bahwa ketertarikan menjadi seorang Pilot bukan hanya di gandrungi oleh kaum laki-laki saja.

Tahukah Anda?
Segala prosedur standar dan kewajiban pilot tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Artinya, tidak ada syarat khusus yang harus dimiliki oleh wanita untuk menjadi Pilot, karena syarat untuk wanita juga berlaku untuk pria.

Menurut data yang kami himpun dari kapten AirAsia, Monika Anggreini, pada September 2015 lalu sudah ada 55 orang yang berlisensi Commercial Pilot Lisence. Sedangkan 8 orang diantaranya sudah berjenjang kapten, termasuk dirinya.

Soal sekolah penerbangan, Monika menuturkan bahwa mencari sekolah penerbangan saat ini lebih mudah daripada ketika jamannya dulu yang masih dianggap aneh oleh golongan tertentu.

"Sekarang semakin banyak sekolah pilot tersebar di Indonesia, gak seperti saya dulu yang masih kesulitan mencari dan masih dianggap aneh," ujar Monika kepada KompasTravel usai Kartini Flight AirAsia, Kamis (21/4/2016).

Monika, seorang Kapten yang telah 12 tahun menjabat sebagai PILOT AirAsia ini memberikan tips-tips yang harus di persiapkan para perempuan jika ingin menjadi pilot profesional, berikut diantaranya:

1. Memiliki Kemauan Yang Kuat!

Hal pertama yang wajib dimiliki oleh wanita ialah 'kemauan yang super kuat', bahkan lebih kuat dari yang laki-laki punya. "Karena pekerjaan tersebut masih didominasi oleh laki-laki, dan sebenarnya perempuan pun bisa," ujar Monika.


2. Mental Baja!

Hal umum yang sering terjadi mengapa wanita merasa tidak mampu menjadi Pilot adalah adanya 'pesimis' dalam dirinya. Karena selama ini wanita dipandang lebih lemah dari kaum laki-laki. Padahal jika ditelusuri, ada banyak sekali wanita sukses karena memiliki kemampuan yang luar biasa melebihi laki-laki. Jadi mulai dari sekarang, hilangkan budaya buruk tersebut dengan membangun Mental Baja.
Nah, jadi setelah membaca pos ini, apakah Anda masih memiliki keraguan? Jika persyaratan umum antara wanita dan laki-laki itu sama, mengapa harus takut? Buktikan bahwa wanita juga bisa seperti dan bahkan lebih dari laki-laki, ini kesempatan terbaikmu.
URL

Komentar yang bermanfaat mendapat Rating*****oleh Admin blog ini