Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat (Pesan Tanpa Nomor)

Author : Sigit Purnomo | Released : December 05, 2016 | Category :
Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat - Mungkin Anda adalah salah satu dari ratusan orang tersibuk di Indonesia, sehingga akan merasa terganggu dan buang-buang waktu jika harus membaca beberapa pesan masuk ke HP Anda yang isinya berupa penawaran produk/ iklan oleh advertiser lewat operator yang Anda sendiri tidak meminati tawaran tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2015, saya pernah posting tentang cara blokir pesan masuk oleh pusat. Tapi tidak ada hasil karena pusat operator saat saya telpon tidak bisa memberikan solusi.

Ada dua versi blokir oleh Android. Pertama, "blokir menurut nomor". Kedua, "blokir menurut kata". Karena yang mengirim pesan ini tidak ada nomornya, sehingga tidak bisa diblokir menggunakan fasilitas "blokir nomor". Namun itu bukan akhir dari usaha, karena Android menyediakan fitur blokir pesan masuk menurut kuery/ keyword/ kata yang terdapat dalam isi pesan tersebut.

Misalnya, Anda memblokir kata "promo", lalu ada pesan masuk yang isinya seperti ini:
(...) dapatkan sekarang juga. Promo hanya berlaku untuk hari ini lho (...)
Maka sampai kapanpun pesan tersebut tidak akan pernah sampai di inbox Anda, karena dicegat oleh robot pemblokir kuery.

Penting:

  • Fitur ini bukan hanya berlaku untuk SMS yang dikirmkan oleh "tanpa nomor", tapi juga berlaku oleh nomor GSM pada umumnya. Sehingga perlu ketelitian untuk memilih kata apa yang ingin diblokir.
  • Kata yang diblokir tidak memandang huruf kapital ataupun huruf kecil. Contohnya seperti kata "promo" yang saya tulis diatas. Jadi biarpun yang diblokir hanya huruf kecil, dan isi SMS pakai huruf besar, akan tetap diblokir.
  • Pemblokiran kata bisa untuk satu kata atau lebih. Misalnya Anda memblokir dua kata "daftar sekarang". Maka setiap SMS yang terdapat kata "daftar sekarang" akan diblokir. Tapi tidak berlaku untuk SMS yang hanya terdapat kata "daftar" dan atau "sekarang".

Cara Memblokir SMS Menurut Kata

Silahkan ikuti panduan sesuai seperti apa yang ada pada gambar dibawah.

Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Buka pesan masuk / percakapan. Tekan tombol menu dipojok kanan atas. Lalu pilih Pengaturan ("Setting" jika pakai bahasa inggris)


Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Pilih Filter Spam. Untuk default/ yang belum disetel, tampilannya akan seperti ini. Tapi nanti setelah diaktifkan akan berubah dari "Tidak aktif" menjadi "Aktif"


Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Tekan tombol dipojok kanan atas seperti yang saya lingkari warna merah tersebut.


Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Setelah tombol diklik, maka kedua opsi dibawahnya akan bisa diklik. Untuk memblokir menurut Frasa/ kata, pilih opsi kedua. Yang diatasnya itu untuk memblokir menurut nomor.


Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan seperti ini. Untuk tampilan di HP Anda akan terlihat kosong, karena belum ditambahkan satu kata pun. Saya sengaja menyensor dua keyword ini karena itu adalah keyword operator saya, tidak mau dikira diskriminasi. Silahkan klik tanda Plus "+" untuk mulai menambahkan frasa yang ingin di blokir.


Cara Blokir SMS Iklan oleh Pusat
Masukkan teks dibidang input, lalu tekan Selesai untuk menyimpan.


Sampai pada tahap ini, Anda telah berhasil memblokir pesan masuk menurut kuery.
Yang menjadi catatan penting: selalu ingat bahwa ini berlaku untuk semua nomor ponsel, bukan hanya pesan masuk yang dikirimkan oleh pusat / yang tidak ada nomornya.

Tips:

  • Pilihlah kata yang lebih dari satu, tapi sering dipakai untuk menyebarkan promo.
  • Pilihlah kata yang kira-kira tidak mungkin dipakai oleh teman Anda dalam mengirimi Anda pesan.
  • Tulislah kata sesuai EYD. Bukan kata singkat. Karena kebanyakan kata singkatan hanya dipakai oleh orang-orang biasa, meskipun sebagian operator juga ada yang menggunakannya dalam menawarkan produk.

Selanjutnya : Aplikasi Pemblokir Nomor (Panggilan dan SMS)

FITUR

  • Blokir nomor satu-satu (sms/call)
  • Blokir private number (nomor pribadi - call)
  • Blokir semua nomor tak dikenal (yang belum disimpan ke kontak Anda - sms/call)
  • Blokir semua nomor tanpa terkecuali (sms/call)
KLIK DISINI untuk mendownload aplikasi

Google+

Linkedin