Awal Tahun 2017 CPC Adsense Turun Drastis? Ini Penyebabnya

Author : Sigit Purnomo | Released : January 09, 2017 | Category :
ADSENSE LOGO
Sudah menjadi tradisi ngenes bagi seorang blogger yang memilih periklanan PPC (Pay Per Click) di akhir dan awal tahun baru, atau lebih tepatnya pada bulan januari, kadang sampai februari. Hampir semua blogger mengalami masa-masa suram di awal tahun..?

Apa yang membuat pendapatan menurun drastis di awal tahun baru?

Yang menjadi alasan terbesar menurunnya earning adalah CPC turun begitu tajam. Mengapa bisa turun?
Advertisher adalah bagian penting yang terhubung langsung dengan publisher. Setiap akhir tahun advertisher berhenti membelanjakan uangnya, dan disambung lagi pada awal tahun baru. Itu jika mereka berminat membelanjakan lagi, dan itu membutuhkan proses.

Bagi pemain adsense "baru" mungkin agak kaget jika ternyata tiba-tiba nilai CPC anjlok sangat tajam dari biasanya, jangan pikir itu hanya terjadi pada Anda, karna ini sudah menjadi rutinitas yang susah dibendung.

Model iklan yang saya rasa berpengaruh di awal tahun baru adalah jenis iklan lelang, misalnya seperti pada Google Adsense. Karna di Adsense, siapa yang berani bayar paling mahal maka itu yang akan ditampilkan pada situs-situs milik publisher / blogger seperti kita-kita.

Untuk situs lokal / konten berbahasa Indonesia, nilai CPC cenderung lebih kecil dari bahasa inggris, kisaran antara $0.05 - $1
Tapi ada juga yang nilai CPC lebih besar, sampai $3, misalnya konten mengulas seputar asuransi jiwa. Saya tidak akan membahas itu karna diluar topik.

Misteri CPC memang susah ditebak, kadang bisa sangat tinggi, kadang bisa sangat rendah, tapi itu akan dibulatkan dan diambil nilai rata-rata. Jika semuanya rendah, misalnya cuma $0.01 saja, maka jika ada 100 klik iklan hanya dibayar satu dolar saja. Ini sangat mengkhawatirkan bagi kelangsungan hidup petani internet, kristalisasi keringat seolah tidak berharga lagi.

Apa yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan nilai CPC di awal tahun ini?

Tentunya kita harus bersabar, karna kita tahu krisis ini berlangsung beberapa hari. Biasanya paling lama 2 bulan, tapi dulu di 2016 gak sampai sebulan sudah normal kembali. Yang pasti tetap konsisten update artikel segar dan berkualitas setiap hari untuk memikat para advertisher di awal putaran, atau update seminggu sekali asalkan teratur.

Ok, demikian sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat buat sahabat blogger lainnya. Selamat berjuang menggapai masa depan yang lebih cerah.

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas