Tutorial Cara Menghilangkan Virus ShortCut di Flashdisk

Author : Sigit Purnomo | Released : May 06, 2017 | Category :
Flashdisk sebagai media penyimpanan berkas non-fisik menjadi ancaman ketika sudah terinfeksi oleh virus. Dari dulu hingga saat ini, virus shortcut masih menjadi momok yang menakutkan bagi para penggunanya. Shortcut akan muncul otomatis meskipun sudah dihapus ketika ditancapkan ke komputer/ laptop/ yang lainnya.

Shortcut datang dikarenakan Flashdisk milikmu sudah terkonraminasi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya. Hal yang paling umum ketika kamu barusaja menyalin data di warnet. Namun bukan hal mustahil komputer milik kamu atau teman kamu-lah yang menjadi biang keladi semua ini. Bisa juga, komputer yang awalnya bersih dari virus, namun setelah flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ditancapkan, maka komputer jadi ikutan terinfeksi. Kadang, virus dapat menghapus semua data didalam flaskdisk itu sendiri secara otomatis.

0
Screenshot folder shortcut buatan virus

Sebenarnya virus-virus menyebalkan seperti ini bisa di scan pakai anti virus. Namun antivirus gratisan sering kali tidak mempan dan hanya mengatasi sesaat saja.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

  • Colokan Flashdisk tersebut ke komputer, lalu dibuka.
  • Klik "Organize" terus klik "Folder and search options".
  • Aktifkan "Show hidden files, folders, and drives" dan unchecklist pada "Hide protected operating system files (Recommended)".
0

  • Nanti akan muncul notifikasi, Klik saja "Yes".
  • Biasanya sampai disini, folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.
  • Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt) di komputer kalian. Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk tersebut berada, misalnya Drive H, berarti ketik H:
  • Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar di bawah. Kemudian tekan Enter.
0

Sekarang cek Flashdisk kamu, apakah semua folder sudah kembali normal. Jika sudah, silahkan hapus folder shortcut tersebut.
Ingat, cara di atas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara. Jika Flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, bisa jadi hal serupa akan terjadi lagi.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Antivirus. Kamu bisa melakukan Full Scan terhadap setiap Drive yang ada, termasuk Flashdisk. Apa antivirus gratis yang paling ampuh? Saya pernah mencoba 2 produk, dia adalah AVG dan Avast.

Google+

Linkedin