Benarkah Hari Ini Server Niagahoster Diserang D'Dos ?

Author : Sigit Purnomo | Released : June 13, 2017 | Category :
wali chord
Sedih sekali mendengar kabar buruk bahwasannya salah satu server Niagahoster mendapat serangan D'DOS. Sebelum melangkah lebih jauh, apa itu D'Dos ?
menurut situs enclopedia wikipedia, serangan DoS (denial-of-service attacks) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

Cara-cara yang biasa dilakukan pelaku untuk menyerang adalah:
+ Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.
+Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.
+ Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.

Apa motif penyerang melakukan ini?
Saat ini ada banyak sekali jasa penyedia sewa hosting di Indonesia, mulai dari shared hosting, vps, dedicated hosting. Jadi menurut saya pribadi, kemungkinan ada salah satu penyedia hosting lain (pesaing niagahoster) yang mencoba merobohkan perusahaan niagahoster agar gulung tikar. Kemungkinan lain hanya iseng2 saja ingin menguji seberapa kuat pertahanan server terhadap serangan seperti ini.

Saya sendiri merupakan salah satu client niagahoster dan baru menyadari bahwa situs saya tidak bisa dibuka selama beberapa jam, tepatnya sebelum magrib sampai setelah shalat tarawih. Bahkan sampai saat ini masi belum bisa diakses dan slalu muncul peringatan www.namadomain.saya took too long to respond ketika diakss lewat Chrome. Kadang memunculkan warning situs down.

Sebelumnya saya hanya menduga-duga, kemungkinan server sedang down / kehabisan resource, karna saya cek, ada 19 situs yang berada dalam server yang sama, dan semuanya tidak dapat diakses, dan kabar tepatnya saya dapat setelah niagahoster membalas keluhan saya lewat email:
contoh situs kena ddos
Situs saya yang mengalami down bukan situs kangsigit.com ini, tapi situs ke 9 saya yang saya sewa di berbagai penyedia hosting. Tapi itu situs pertama saya yang menggunakan shared hosting, selebihnya menggunakan hosting blogger.

Jadi, ini adalah pengalaman pertama saya yang buruk selama menggunakan shared hosting dan semoga pengalaman ini menambah wawasan Anda ya.

Anda dapat mengecek ada berapa total situs yang terdapat pada satu server. Caranya, klik disini, lalu masukkan alamat situs yang ingin dicek.

Misalnya situs kangsigit.com, karena situs ini menggunakan server google dengan 4 alamat IP, maka jumlahnya ada jutaan situs. Sedangkan jika cek situs dengan host premium yang pakai shared hosting biasanya ada puluhan sampai ratusan situs yang dihost pada satu server.

Google+

Linkedin