Cara Cepat Ber-iklan / Promosi Album Lagu Gratis di Internet

Author : Sigit Purnomo | Released : July 24, 2017 | Category :
Banyak sudah para musisi tanah air yang lagu-lagunya telah melegendaris dan akrab di telinga masyarakat. Faktor pertama untuk mempercepat lagu2-nya populer itu tergantung pada Band/ penyanyi itu sendiri.

Jika band sudah terkenal, maka setiap merilis lagu baru akan dengan cepat diketahui orang banyak, terutama para fans-nya dan berbondong-bondong membeli kaset asli atau bajakan agar dapat menikmati karya band-band tersebut.

Faktor kedua adalah: tergantung pada kualitas lagu itu sendiri. Kalau band sudah terkenal, plus lagunya juga enak di dengar, itu akan semakin mempercepat pemasaran lagu di dunia maya ataupun real.

Namun bagaimana jadinya jika sebuah band tidak cukup terkenal atau bahkan tidak dikenal sama sekali oleh khalayak umum? Yah! meskipun lagu-lagunya sebenarnya memiliki kualitas bagus, misalnya syair dan liriknya sudah keren, tapi penyanyi tidak diketahui oleh semua orang, bagaimana orang bisa tahu lagu Anda? tentu ini menjadi momok yang menakutkan :D

Nah, jika band Anda sudah ternama (band besar) maka Anda tidak perlu sibuk mencari pendengar, namun pendengar yang akan sibuk mencari karya Anda.

Untuk itu, disini kangsigit akan memberi jalan mudah dan cepat untuk mempopulerkan setiap lagu yang telah Anda rilis, terutama para penyanyi yang belum terkenal.

Tahukah Anda, rata-rata sebuah band bisa tiba-tiba membanjiri pasar musik lewat salah satu lagunya yang sangat populer karena memiliki makna dan kualitas yang tidak bisa di anggap enteng. Lewat satu lagu tersebut, maka pendengar akan berusaha mencari lagu lainnya dari band tersebut, karena mereka pikir masih ada lagu-lagu bagus oleh band tersebut untuk didengar.

Untuk itu, jika Anda memiliki keterbatasan dalam menciptakan lagu yang enak didengar, tetap berusahalah mengarang lagu yang fantastis, meskipun hanya satu buah lagu saja, dan yang lainnya biasa-biasa saja. Tapi kalau bisa ya bagus semua sih biar para pendengar tidak kecewa.

Oke langsung saja, berikut TIPS sederhana namun jitu agar hasil rekaman Anda cepat dikenal orang dan mendapatkan fans baru:

ilustrasi-bernyanyi
Promosikan lewat situs download MP3
Situs download MP3 adalah layanan penyimpanan lagu gratis oleh banyak band yang nanti dapat didownload gratis / di unduh orang dan akhirnya lagu Anda mulai dikenal orang.
Namun cara ini justru tidak disukai band-band / penyanyi papan atas, karena dinilai merugikan band itu sendiri. Harusnya membeli kaset asli untuk meningkatkan pendapatannya. Namun untuk band pemula yang belum dikenal, cara ini justru sangat efektif, karena seperti yang telah saya bilang tadi bahwa, populerkan dulu nama BAND Anda, baru kemudian berbisnis setelah populer.

Setelah pendengar mulai tahu lagu Anda dan kebetulan mereka menyukainya, maka akan ada aksi selanjutnya. Biasanya mereka akan mencari di internet lagu-lagu lain oleh band Anda.

Pencarian selanjutnya, khususnya para pendengar yang bisa memainkan alat musik, terutama gitar, mereka akan mencari kunci gitar lagu Anda untuk dinyanyikan bersama gitarnya sambil santai. Tanpa disadari, orang lain yang awalnya tidak tahu akan menjadi tahu lagu Anda lewat nyanyian salah satu fans Anda tadi.

Untuk itu, rekomendasi selanjutnya setelah mempromosikan lagu lewat situs download adalah, mempromosikan juga ke situs kunci gitar. Ada banyak situs gitar di Indonesia dan luar Indonesia, mialnya www.chordband.com Anda dapat berbagi gratis disana. Kalau Anda telah mengupload video di hosting video seperti youtube, maka bagikan juga URL video Anda di situs CHORDBAND agar orang yang melihat kunci gitar Anda juga berpotensi menonton langsung video yang telah di upload tersebut, sehingga akan lebih mempercepat populernya band Anda.

Berkomentar di blog / situs / media sosial menggunakan nama Band Anda, dan sekali-kali mengajak mereka untuk mendengarkan lagu Anda. Namun jangan berkomentar dengan kalimat yang sama di semua situs, karena nanti diangap spam dan biasanya akan dihapus oleh administrator, sehingga komentar Anda menjadi sia-sia.

Nah, itu saja saran sederhana dari saya, bisa atau tidaknya tergantung pada Anda, karena disini saya hanya menulis, dan tugas yang menjalankan itu lebih berat dari saya. Jika Anda yakin, pasti Anda bisa, dan cepat atau lambatnya hanya tuhan yang tahu. Semoga berhasil.

Google+

Linkedin