Cara Mengatasi Gembok Layar Android Tidak Bisa Dimatikan

Ponsel Android memiliki banyak fitur yang bermanfat dan membantu para penggunanya. Tapi jika para pengguna tidak terlalu ahli mengoperasikan ponselnya, itu malah bisa merepotkan bin menyulitkan dirinya sendiri.

Kebanyakan pengguna yang baru memiliki ponsel Android, baik itu Samsung Galaxy, Asus, Oppo, Xiaomi, Polytron, Nokia, Sony, dan para sodara-sodaranya, biasanya menghabiskan waktunya untuk mempelajari dan mencoba semua fitur yang ada.

Mencoba hal itu, ada saatnya kita sebagai pengguna akan mengalami "salah program", bisa menciptakan tapi tidak bisa mengembalikan. Itu wajar saja, karena admin sendiri juga pernah mengalami hal itu.

Seperti judul diatas, kali ini admin akan memberikan sebuah tutorial yang menyangkut keamanan ponsel. Karena terlalu aman, sehingga membingungkan kita bukan?

Pengunci tombol layar (Lock Screen)

Umumnya, ponsel Android telah mendukung beberapa jenis pengunci layar, meliputi : Sandi, PIN, Pola, Gesek, dan yang terakhir Tidak Ada / tidak dikunci sama sekali.

Harusnya semua tombol kunci diatas bisa di klik, tapi ada kalanya 2 dari 5 tombol diatas "disabled" tidak bisa di klik, dan terdapat pesan peringatan yang isinya kurang lebih sbb:
"Dinonaktifkan oleh administrator, kebijakan enkripsi atau penyimpanan kredensial"

Mengapa dan bagaimana cara memperbaiki / mengembalikan ke pengaturan default?

Umumnya hal ini terjadi karena Anda barusaja mengatur pola yang terdapat pada menu VPN. VPN disini sebenarnya difungsikan untuk penggunanya ketika ingin menambah sertifikat baru. Namun setelah pengguna menyimpan password tersebut, maka pilihan pengunci tombol hanya tersedia 3 buah saja, dan yang lain akan mati / tidak bisa di klik.

Untuk mengembalikan ke pengaturan default itu sangat mudah, karena Anda tidak harus melakukan root atau mengembalikan pengaturan ke pengaturan awal pabrik.

Silahkan ikuti beberapa langkah berikut:
  • Masuk ke menu pengaturan / setelan (setting)
  • Gulir kebawah, cari sebuah tombol yang berisi Hapus kredensial. Posisinya berada didalam / dibawah Administrasi perangkat.
Menghapus kredensial berarti menghapus semua sertifikat.
Sertifikat yang akan dihapus tersebut adalah sertifikat yang terbuat secara otomatis setelah beberapa saat yang lalau Anda memasukkan password pada menu VPN.

Setelah sertifikat dihapus, maka tombol pengunci layar akan kembali seperti sedia kala.
Untuk membuktikannya, masuk ke menu pengunci layar. Posisinya di : Pengaturan > Lock Screen > Gembok layar

Ohya, mungkin Anda bertanya-tanya. Adakah efek samping setelah menghapus sertifikat tersebut ?
Tidak ada, karena itu hanya akan menghapus sertifikat yang dibuat oleh Anda sendiri, meskipun Anda membuatnya secara tidak sadar. Sedangkan sertifikat bawaan ponsel akan tetap ada.

Sekian tutorial seputar mengaktifkan dan menonaktifkan atau mengatur ulang password kredensial di Android. Seharusnya masalah Anda telah teratasi dengan menggunakan trik tersebut.

Popular posts from this blog

Cara Mudah Ambil Uang di ATM BRI (+gambar)

Ramalan Jodoh dan Pasangan Hidup Menurut Tanggal Lahir

Cara Mengetahui Hari Kelahiran Weton Jawa - Online