Contoh dan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru 2017

Author : Sigit Purnomo | Released : July 31, 2017 | Category :
Contoh dan Cara Penulisan Surat Lamaran Kerja Terbaru 2017 - Apakah Anda perlu menulis surat untuk melamar pekerjaan? Tidak yakin apa yang harus disertakan atau bagaimana memformat surat Anda? Apa yang ingin dibaca oleh seorang pengusaha dalam surat yang mereka terima dari pelamar? Inilah semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat surat lamaran kerja yang akan membantu Anda mendapatkan wawancara kerja.

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja, yang juga dikenal sebagai surat lamaran, harus dikirim atau diunggah dengan resume Anda saat melamar pekerjaan. Sementara resume Anda menawarkan riwayat pengalaman kerja dan garis besar keterampilan dan prestasi Anda, surat lamaran kerja yang Anda kirim ke manager menjelaskan bahwa Anda telah memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan mengapa harus dipilih untuk wawancara.

Menulis surat bisa tampak seperti tugas yang menantang. Namun, jika Anda berhasil dengan mulus, Anda akan menjadi ahli dalam hal menulis surat lamaran untuk dikirim bersama resume Anda.

Mulai Menulis Surat Lamaran Kerja

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran kerja Anda, lakukan beberapa petunjuk berikut. Pertimbangkan informasi apa yang ingin Anda sertakan (ingatlah bahwa kesempatan terbatas). Ingat, surat ini membuat sebuah kasus untuk pencalonan Anda untuk posisi tersebut. Tapi Anda bisa memulai dengan metode lebih baik daripada hanya sekedar menyodorkan resume Anda - sebagai gantinya, sorot keterampilan, penampilan, pengalaman, dan kemampuan Anda yang paling relevan untuk tugas yang akan dibebankan.

Untuk memasukkan rincian yang masuk akal dan meyakinkan serta relevan dalam surat Anda, Anda harus tahu tentang apa yang diinginkan oleh calon BOS Anda.

Petunjuk terbesar ada dalam iklan lowongan pekerjaan, jadi luangkan waktu untuk mendekodekan iklan pekerjaan. Selanjutnya, cocokkan kualifikasi Anda dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan tersebut. Buat daftar pengalaman dan keterampilan Anda yang relevan. Misalnya, jika iklan pekerjaan memanggil pemimpin yang kuat, pikirkan contoh kapan Anda berhasil memimpin sebuah tim.

Begitu Anda membuat beberapa catatan, dan merasakan apa yang ingin Anda soroti dalam surat Anda, Anda siap untuk mulai menulis.

Pedoman Penulisan Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja sangat berbeda dengan pengiriman pesan email ke teman atau ucapan terima kasih kepada saudara lewat chat. Mempekerjakan manajer dan calon pewawancara memiliki harapan tertentu dalam hal presentasi dan penampilan surat tersebut, dari panjang (tidak lebih dari satu halaman) dengan ukuran huruf dan gaya pada jarak huruf, panjang sebuah surat permohonan tidak boleh lebih dari satu halaman.

Perhatikan format dan margin halaman. Sebuah surat lamaran harus diberi spasi tunggal dengan spasi di antara masing-masing paragraf. Gunakan sekitar 1 "margin dan sejajarkan teks Anda ke kiri, yang merupakan pelurusan standar untuk sebagian besar dokumen. Gunakan font tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font harus antara 10 sampai 12 poin.

ilustrasi-bingung-menulis

Apa yang Harus Tercakup di Setiap Bagian Surat?

Ada juga peraturan untuk bagian yang termasuk dalam surat, dari salam untuk masuk, dan bagaimana surat tersebut diatur. Berikut adalah titik akhir yang cepat pada bagian utama yang termasuk dalam surat lamaran kerja:

Judul : Surat lamaran harus dimulai dengan informasi kontak dan nama perusahaan Anda (nama, alamat, nomor telepon, email) yang diikuti oleh tanggal.

Jika ini adalah email dan bukan surat sebenarnya, sertakan informasi kontak Anda di akhir surat, setelah tanda tangan Anda. Berikut cara mengirim surat lewat aplikasi email.

Contoh Header
Salam : Ini ucapan sopanmu, Salam yang paling umum adalah "Kepada Yth. Bpk / Ibu / Gelar" Diikuti oleh nama depan orang tersebut jika itu sebuah nama seseorang.

Badan surat: Pikirkan bagian ini sebagai 4 bagian yang harus ada.
  • Pada paragraf pertama, Sebutkan pekerjaan yang ingin Anda lamar dan di mana Anda melihat tawaran pekerjaan tersebut.
  • Paragraf berikutnya adalah bagian terpenting dari surat Anda. Ingat bagaimana Anda mengumpulkan semua informasi tentang apa yang dicari oleh pengusaha, dan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan mereka? Di sinilah Anda akan membagikan rincian yang relevan tentang pengalaman dan prestasi Anda.
  • Paragraf terakhir dari surat ini akan menjadi ucapan terima kasih Anda kepada BOS; Anda juga dapat menawarkan informasi tindak lanjut.
  • Penutup: Tanda tangani email Anda dengan sopan, seperti "Hormat kami," diikuti dengan nama lengkap Anda.

Format Tanda Tangan Sederhana Menggunakan Template

Kewalahan dengan semua persyaratan format dan organisasi ini? Salah satu cara untuk mempermudah proses penulisan aplikasi pekerjaan adalah menggunakan template surat lamaran kerja untuk membuat surat lamaran kerja pribadi untuk melamar pekerjaan. Memiliki template dapat membantu menghemat waktu Anda jika Anda mengirim banyak surat lamaran. Pastikan setiap huruf yang Anda kirim dipersonalisasi ke perusahaan dan posisinya.

Teliti Kebenaran dan akurasi formulir

Ingatlah untuk tetap membaca kembali dan mengeditnya jika ternyata ada kesalahan ketik sebelum mengirimnya. Mungkin terdengar konyol, tapi pastikan juga memasukkan nama perusahaan yang benar - saat Anda menulis banyak surat lamaran sekaligus, kesalahan ini mudah sekali terjadi.

Jika Anda melamar pekerjaan di bidang periklanan atau bidang lain yang menekankan kreativitas, Anda mungkin bisa lebih fleksibel dengan panduan ini. Namun, pikirkan dari dekat posisi dan perusahaan sebelum menyimpang drastis dari format ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kepada Yth.
Pimpinan Redaksi PT. Maju Mundur
Jambi
Bangko, 31 Juli 2017
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Sigit Purnomo
TTL : Bangko, 10 September 1992
Alamat : Air Batu, RT 13 RW 01 Kuamang Kuning, Bangko, Jambi
No. HP : 08xx 9999 8877

Melihat lowongan pekerjaan yang tertera pada koran harian BolakBalik, edisi Minggu, disini saya merasa mampu mengemban tugas dan ingin mencalonkan diri menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan atas syarat dan ketentuan yang terlampir, berikut saya sertakan:

Fotocopy Ijazah Terakhir
Daftar Riwayat Hidup
Scan Piagam Penghargaan
Fotocopy SKCK
Fotocopy KTP
Pas Foto 4×6

Berdasarkan rincian tugas yang ada pada iklan, disini saya lampirkan juga scan piagam penghargaan yang saya dapatkan dari perusahaan sebelumnya sebagai karyawan teladan yang mampu mengerjakan tugas hampir tanpa kesalahan.

Terima kasih kami ucapkan atas tersedianya lowongan ini. Semoga Bapak / Ibu memberi saya kesempatan untuk ikut mengambil peran pada perusahaan yang bapak / ibu pimpin.

Jika sekiranya bapak / ibu memiliki pertanyaan lebih rinci sebelum memilih saya untuk wawancara, saya memiliki waktu 1x24 jam untuk perusahaan PT. Maju Mundur.

Hormat saya,

Sigit Purnomo

Nah, bagaimana sobat? sudah paham dong dengan contoh diatas. Jika faktanya Anda belum memiliki piagam, maka hapus bagian tersebut, atau ganti dengan sesuatu yang lain. Intinya, semua kelebihan yang relevan tunjukkan semua. Itu poin plus agar diterima / mendapat kesempatan menjadi karyawan di perusaah yang Anda inginkan.

Atau jika Anda membutuhkan contoh lain, Anda dapat membaca 7 contoh surat lamaran kerja. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca artikel surat lamaran kerja ini, semoga bermanfaat untuk Anda ya..

Google+

Linkedin