Hari Ini, Lebih dari 700 Juta Password E-mail Mengalami Kebocoran

Author : Sigit Purnomo | Released : August 31, 2017 | Category :
Hacker

AUSTRALIA – Hacker berhasil Bajak 711 Juta Email untuk Kirim Malware via Spam. Seperti dilansir Okezone dari laman Daily Mail, Sekarang, Kamis (31/8/2017), ternyata ada sekitar 711 juta alamat e-mail dan password yang telah bocor. Data ini menampakkan wujudnya oleh rangkaian spambot bernama Onliner di Belanda.

Informasi yang bocor ini terjadi setelah adanya kejahatan siber yang membiarkan para pengunjung menjelajah server mereka untuk mengunduh database tanpa memerlukan username dan password. Australian Computer Security Expert, Troy Hunt menjalankan sebuah website yang diberinama Have I Been Pwned (HIBP), di mana website ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah akun yang Anda miliki telah diretas atau dibocorkan.

Hunt sendiri mengatakan saat ini terdapat 711 juta rekaman kebocoran yang menjadi data terbesar sebuah akun sepanjang sejarah yang mengalami kebocoran yang ditangkap melalui website HIBP miliknya. “Saya tidak habis pikir, bagaimana bisa website yang bocor ini masuk dalam layanan website saya,” ujarnya. Kebocoran tersebut telah mengkontaminasi jutaan password, data pribadi yang seharusnya menjadi sangat rahasia di mana mungkin semua akun tersebut telah dikumpulkan dalam upaya untuk masuk ke akun e-mail dan mengubah menjadi spam.

Mayoritas password yang muncul telah bocor sebelumnya. Pada tahun 2012, ada sekira 6,5 juta password yang direset. Karena itulah disarankan bagi pemilik akun untuk secara rutin mengganti password mereka agar tetap aman. Pakar keamanan siber bahkan menyarankan untuk mengganti password selama sebulan sekali.

Sumber info : http://techno.okezone.com/ ... /gokil-lebih-dari ... dan-password-bocor

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas