Kisah Evan Williams, si Anak Petani yang Sukses Dirikan Blogger dan Twitter

Author : Sigit Purnomo | Released : August 31, 2017 | Category :

Secara garis besar, halaman ini menyajikan informasi tentang:

  • Profil Evan William
  • Karir Evan William
  • Awal mula terbentuknya Blogger
  • Awal mula terbentuknya Twitter

Evan William

Profil Evan William

Evan Clark Williams atau lebih dikenal sebagai "Evan William" lahir pada 31 Maret 1972 di wilayah Nebraska, Amerika Serikat. Evan terlahir oleh keluarga yang memiliki latar-belakang sebagai petani.

Karir Evan William

Evan mulai mengenal dan menjajal dunia teknologi sejak memasuki kuliah di University of Nebraska di Lincoln. Namun sayang seribu sayang, Evan tak sempat menamatkan studinya dan memilih menjalani karir di bidang sistem informasi.

Selain itu, evan juga tercatat pernah bekerja secara freelance di HP dan Intel dalam proyek pemrograman. Pada 2003 Evan Williams sempat masuk di "Top 100 Innovators di Bawah Usia 35" yang dikeluarkan oleh MIT Technology Review. Kemudian pada 2004 ia juga termasuk dalam "Person of the Year" oleh PC Magazine untuk layanan Blogger.

Awal mula terbentuknya Blogger

Blogger (blogger.com) awalnya didirikan oleh Evan William dan Meg Hourihan pada Januari 1999 di bawah naungan Pyra Labs. Layanan Blogger awalnya bisa digunakan secara gratis untuk semua pengguna internet.

Pengguna internet dapat dengan bebas mendaftar dan membuat catatan atau informasi umum untuk disimpan secara online di blog mereka yang diciptakan lewat blogger.

Namun seiring dengan pengembangannya, pengguna Blogger bisa menyumbangkan sejumlah dana untuk membeli server baru agar bisa menampung jumlah pengguna yang kian membludak.

Di tengah perjalanan, Evan harus berhadapan dengan krisis keuangan. Karyawan Blogger terpaksa bekerja tanpa gaji selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Karena krisis itu pula Evan harus menerima kenyataan ditinggalkan beberapa karyawan dan juga rekannya, Meg Hourihan, yang sama-sama pendiri perusahaan Pyra Labs untuk menaungi Blogger.

Krisis berbuntut panjang, mau tidak mau, evan harus ia mengelola Blogger secara mandiri sembari mencari investor yang mau membantunya. Bantuan datang dari Trellix dan akhirnya mendapatkan dukungan iklan Blogspot dan Blogger Pro. Setelah keuangan perusahaan stabil, Evan kemudian menjual Pyra Labs kepada Google pada 2003 sehingga layanan Blogger kini dimiliki oleh Google.

Atas akuisisi tersebut, Evan William secara otomatis masuk dalam daftar karyawan Google sebelum akhirnya memilih untuk hengkang pada 2004. Di tahun itu pula, Evan mendirikan perusahaan Odeo yang menyediakan layanan podcast.

Awal mula terbentuknya Twitter

Pada tahun 2006 Evan William mendirikan perusahaan bernama Obvious Corporation. Perusahaan ini merupakan cikal bakal dibuatnya layanan media sosial Twitter (twitter.com), didirikan bersama Biz Stone, Jack Dorsey, dan Noah Glass.

Sekarang twitter menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan di dunia. Layanan berupa 140 karakter itu terkenal dengan penggunaan hashtag (#) yang kini telah ditiru aplikasi lain seperti Facebook dan Instagram.

Sumber info : https://techno.okezone.com/ ... /okezone-story-nih-kisah ... blogger-dan-twitter

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas