Contoh Gambar Kunci Gitar "A" & Variasinya Serta Cara Bermain

Author : Sigit Purnomo | Released : September 09, 2017 | Category :
Contoh Gambar Kunci Gitar "A" & Variasinya Serta Cara Bermain - Jika Anda baru belajar gitar dasar, maka kunci gitar A wajib Anda pelajari. Kunci A masuk pada kategori kunci dasar, dan itu sangat penting karena kebanyakan lagu menggunakannya meski tidak semua lagu.

Disini saya akan mencontohkan beberapa kunci gitar yang termasuk pada kunci A.
Perhatikan bahwa apa yang akan Anda lihat dibawah ini adalah satu buah kunci, meskipun posisi jarinya berbeda-beda, karena suara yang dihasilkan adalah sama.

Beberapa lagu lebih cocok menggunakan kunci dasar A, tapi sebagian lagi lebih cocok menggunakan chord A variasi, kord gantung, dan akord lainnya.

Kunci Gitar A
Kunci ini adalah yang paling banyak digunakan untuk gitaris pemula seperti kita-kita. Memerlukan tiga buah jari untuk menekan tiga buah senar. Saya lebih menyarankan agar Anda menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis, meskipun juga bisa menggunakan jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Hal ini dikarenakan beberapa lagu cenderung mengambil bagian senar satu / senar paling bawah sebagai melodi alternatif untuk menghasilkan suara yang mantap. Dengan begitu jari kelingking bisa kita gunakan untuk menekan senar 1 sebagai melodi.

Kunci Gitar A
Kunci gitar yang ini digunakan untuk jenis musik rock dan atau lagu-lagu yang membutuhkan suara bass yang besar, cocok juga untuk musik dangdut. Menggunakan kunci diatas maka suara senar 1 dan 6 tidak akan terdengar karena tidak di tekan, justru dimatikan.

Tapi di beberapa lagu lain membutuhkan suara trible yang super keras, jadi senar 1 perlu ditekan berbarengan menggunakan satu jari, yakni jari telunjuk. Untuk pemula memang agak susah, jadi kamu harus terus berlatih.

Kunci Gitar A
Kalau kunci A yang diatas benar-benar hanya membunyikan suara bass saja, dibutuhkan tiga jari untuk menekan tiga buah senar. Suara yang dihasilkan tentu tidak akan nyaring Tapi ini bagus ketika Anda bermain ditempat yang sunyi dan tidak ingin mengeluarkan suara gitar yang berisik.

Kunci Gitar A
Variasi kunci A yang terakhir sangat mirip dengan kunci A nomor 3. Ini lebih gampang dari yang sebelumnya karena hanya membutuhkan 2 jari saja untuk memainkan 2 buah senar. Suara yang di hasilkan adalah bass.

Tapi yang perlu Anda tahu bahwa kunci A nomor 4 sebenarnya berdiri sendiri, karna itu namanya kunci A5. Contoh lagu yang menggunakan kunci A5 adalah lagu ST12 - Cari Pajar Lagi.

Seperti ini kuncinya : G5 E5 A5 D5

Sebagai tambahan. Pada contoh gambar kunci diatas terdapat angka 5 di sampingnya, itu adalah fret. Jadi posisi jari telunjuk / kolom terujung adalah kolom nomor 5.

Jika ada tanda bulat seperti o diatas artinya senar dibiarkan berbunyi tanpa ditekan. Sedangkan jika tanda silang x maka disentuh saja tanpa ditekan biar tidak berbunyi.

Nah 4 kunci gitar diatas sejatinya sama, yakni sama2 kunci A. Untuk kunci lainnya tentu memiliki variasi juga, nanti saya bahas di lain waktu. Selamat mencoba kawan, semoga sukses..

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas