Ucapan Terima Kasih Itu Tidak Tepat, Alasannya..

Author : Sigit Purnomo | Released : November 27, 2017 | Category :
Sejak kecil kita telah diajarkan budi pekerti luhur, tata krama soaial, dan ajaran-ajaran kebaikan menurut agama dan adat istiadat. Seperti hal-nya ucapan terima kasih yang biasa kita berikan untuk orang lain karena sesuatu yang telah dia berikan untuk kita. Baik itu pemberian, pinjaman, ataupun jasa.

Disini saya punya satu unek-unek yang masih mengganjal di pikiranku. Saya tidak mengambil definisi dari para ahli, namun saya hanya mengandalkan logika saya yang tiba-tiba muncul, dia adalah dua buah kata, "TERIMA dan KASIH".

Logo Terima Kasih
Credit : flyovergbiska.wordpress.com

TERIMA KASIH, menurut KBBI adalah sebuah kalimat dengan tujuan bersyukur. Tanpa saya jelaskan pastinya kalian sudah tahu dong. Namun apakah kalian pernah terfikirkan dua kata ini?

Kalau saya pribadi tidak mempermasalahkan secara serius, saya hanya bertanya-tanya, mengapa susunan kata yang dipakai adalah TERIMA dan KASIH? Mengapa tidak KASIH dan TERIMA?

Coba kalian bayangkan, umpamanya kalian memberikan sebuah cokelat ke pacar Anda, lalu apa kata yang akan dilakukan oleh pacar Anda? TERIMA bukan?

Nah, jadi seharusnya tuh, KASIH dulu baru TERIMA. Masak iya belum dikasih kok sudah diterima. Kan aneh!!

Jika kita mau meluangkan waktu, sebenarnya kita akan menemukan beberapa keganjalan kosa kata yang ada di Indonesia ini. Hal ini sudah biasa dilakukan dan dianggap wajar. Namun gak ada salahnya mengungkapkan penemuan baru itu, siapa tahu penemuan Anda akan di patenkan.

Sekian dulu dari kangsigit. Maaf jika posting saya kali ini kurang bermanfaat, karena saya ingin menyuguhkan sesuatu yang BEDA, tidak pernah, atau jarang disuguhkan oleh tetangga sebelah. Semoga saja kita dapat mengambil hikmah dari tulisan ini. #SALAM!

Jika punya tanggapan atau ingin mengkritik juga saran, jangan malu menuliskan ke kolom komentar!!

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas