Dimana Facebook Menyimpan Foto Semua Orang?

Author : Sigit Purnomo | Released : December 24, 2017 | Category :
Semua situs membutuhkan tempat untuk menyimpan / mengarsipkan data ataupun file-file termasuk status, foto, video, catatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempat penyimpanan itu dinamakan DATABASE.
DataBase diasumsikan di dunia nyata itu ibarat gudang. Sedangkan gudang membutuhkan sebidang tanah untuk dapat berdiri kokoh. Sedidang tanah tersebut dalam dunia internet di ibaratkan sebagai SERVER.

Facebook punya milyaran data, bahkan mungkin sudah mencapai triliunan saat ini, sehingga gudangnya harus ekstra besar dan luasnya mencapai ribuan kilo meter.

Database wujudnya berbentuk tabel. Karena memang data-data tersebut dibungkus dan dikelompokkan per tabel. Jadi biar lebih mudah dipahami, asumsikan wujud database itu menyerupai tabel di Microsoft Word.

Nah, pada tabel tersebut dibagi-bagi per kolom. Setiap kolom diberi nama unik untuk setiap jenis data yang akan dimasukkan agar tidak tercampur data A dengan data B.

Contoh:
TABEL USER
TABEL POSTINGAN

Kedua contoh diatas adalah versi sederhana. Untuk tabel asli milik facebook tentu berbeda dan lebih komplit. Namun untuk gambaran struktur penempatan kurang lebih seperti itu.

Jadi data sejenis semua akun dimasukkan kedalam tabel yang sama dan berdekatan. Sehingga sebenarnya semua percakapan di facebook bisa kita intip jika kita bisa masuk ke gudang itu.

Nah, seperti itulah tempat penyimpanan milik Facebook.
Mungkin selama ini Anda mengira bahwa file2 termasuk status, catatan, foto, album, dan video disimpan kedalam memori seperti flashdisk yang ukurannya hanya 8GB wkwkwk..
Atau mengira foto kalian disimpan kedalam kotak besar terbuat dari besi dan baja biar aman. Hmm atau malah gak berfikir sama sekali sampai kesitu.

Sekian dulu info kilat dari KangSigit semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya..
Sampai ketemu di lain waktu.
SALAM..

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas