Cara Agar Layar Android Tetap Hidup Tanpa Batas Waktu

Author : Sigit Purnomo | Released : March 19, 2018 | Category :
keep-screen-on

Cara Agar Layar Android Tetap Hidup Tanpa Batas Waktu - Hari ini saya memiliki bahan postingan setelah beberapa hari terakhir memiliki masalah dengan layar ponsel android saya, dimana saya membutuhkan sebuah aplikasi untuk ponsel saya agar layarnya tetap nyala.

Awalnya saya tidak kepikiran untuk menggunakan aplikasi seperti ini untuk mempertahankan layar agar tetap menyala meski tanpa layarnya disentuh. Karena ponsel saya memiliki batasan waktu yang sagak sedikit, yakni maksimal 30 menit, dan setelah itu jika tidak aktifitas yang berhubungan dengan menyentuh layar maka ponsel saya dalam mode sleep lalu terkunci.

Sungguh ini merepotkan saya berhubung saya sedang menjalankan sebuah program dan program saya hanya bisa berjalan jika keadaan layar ponsel sedang menyala.

Mungkin Anda senasip dengan saya dan atau beda tipis tapi intinya juga tidak suka dengan aturan bawaan ponsel yang membatasi masa hidup layar saat tidak digunakan.

Sejauh ini ada 2 aplikasi yang telah saya download dari Google Apps via desktop. Karena keadaan jaringan saat saya coba download lewat HP sedang tidak memungkinkan, jadi saya downloadnya pakai laptop, namun caranya agak beda jika pakai laptop.

Aplikasi pertama yang saya coba unduh bernama "Wakey". Unduhan pertama via ponsel, dengan besar aplikasi kurang lebih 3mb. Namun karena sinyal tidak mengatasi, download gagal dan saya coba download ulang pakai laptop.

Namun ternyata besar file berbeda dengan pada saat download via ponsel, yakni sekitar 5mb. Yang lebih membuat saya terkejut, aplikasi pertama yang saya unduh tidak dapat di instal ke ponsel dengan warning "Ada masalah menganalisa paket" dan tidak ada logo aplikasi disana, karena biasanya muncul sebuah logo atau gambar pada aplikasi yang masih mentah / belum di instal.

Lalu saya searching lagi di google dan nemu aplikasi lain yang ukuranya jauh lebih ringan, yakni 324kb. Proses unduhan pun berlangsung sangat cepat di laptop.

Lalu saya salin ke ponsel dan install. Saya coba tes menggunakan aplikasi ini hingga lebih dari 30 menit dan ponsel masih tetap menyala, jadi kemungkinan akan tetap menyala sampai baterai ngedrop.

Tapi tenang, karena aplikasi punya setingan untuk kita apakah kita ingin menjadikan aplikasi ini sebagai ON atau OFF. Selain itu, ketika kita mengunci layar dengan tombol kunci seperti biasanya, maka layar menjadi mati.

Jadi aplikasi akan tetap mempertahankan kehidupan layar saat aplikasi di setel ke ON dan layar dalam kondisi hidup / tidak dikunci.


Ada 2 izin yang diminta oleh aplikasi, meliputi:

  • Nonaktifkan kunci tombol
  • Cegah telepon tidur

Jadi layar ponsel anda tidak akan mati sampai kapanpun dan tidak akan terkunci meskipun kalian sebelumnya telah menyetel kunci otomatis setelah beberapa menit dan hanya akan mati serta terkunci jika dilakukan dengan cara manual yakni menekan tombol power di ponsel.

Lalu apa nama aplikasinya?

Keep Screen On

Kalian bisa download langsung di Google Play via ponsel ataupun ApkPure jika lewat laptop.

Cara Mengatur Aplikasi Agar Berjalan

Setelah di install, beri centang tombol Keep screen on (sebelumnya berlabel Disabled). Setelah labelnya berganti Enabled, maka aplikasi telah siap digunakan.

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas