Ini Dia Kartu ATM Baru Yang Aman dari Skimming

Author : Sigit Purnomo | Released : March 16, 2018 | Category :
Ini Dia Kartu ATM Baru Yang Aman dari Skimming - Seperti yang telah kita lihat beru-baru ini, dunia perbankan harus disibukkan oleh ulah pihak-pihak tak bertanggung jawab yang dengan sengaja menjebak para nasabah untuk memaksa melakukan kloning data bank menggunakan teknik skimming.

Jika Anda belum membaca beritanya, bisa baca disini.

Dengan meningkatnya ancaman ini, munculah ide kreatif para petinggi bank untuk meningkatkan pula keamanan data bank mereka agar setiap transaksi menjadi lebih nyaman dan aman terkendali.

Pada jenis kartu ATM sebelumnya, masih banyak nasabah yang menggunakan pita magnetik (magnetic stripe) sebagai teknologinya. Ini sudah tidak aman dan berisiko serangan skimming.

Untuk itu seperti dilansir detik finance Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng menjelaskan, BI sudah mewajibkan seluruh bank yang menerbitkan kartu ATM atau debit untuk menggunakan standar nasional kartu chip.

atm chip standar nasional
Credit : detik.com

Latar belakang utamanya adalah untuk keamanan transaksi. Kartu chip dinilai aman dari risiko skimming dibandingkan dengan kartu magnetic stripe.

Dengan menggunakan kartu ATM berteknologi standar nasional kartu chip, maka kemungkinan besar tindak pencurian atau pembobolan data penting bank menjadi berkurang, khususnya pembobolan dengan modus skimming seperti yang sedang panas belakangan ini.

4 WNA Pelaku Skimming Yang Bobol ATM di 64 Bank Sudah Tertangkap


pelaku skimming tertangkap
Credit : detik.com

Laman detik news menginformasikan bahwa Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 4 WNA pembobol ATM dengan modus skimming. Mereka membobol puluhan bank di seluruh dunia, termasuk bank pelat merah di Indonesia.

Total ada 64 bank di seluruh dunia yang berhasil di bobol ke 4 pelaku dan 13 di antaranya bank swasta dan pemerintah Indonesia. "Termasuk salah satunya BRI dengan kerugian hingga 18 miliar rupiah".

Pembobolan rekening nasabah BRI yang dilakukan sindikat ini rupanya sudah lama terjadi, sekitar tujuh bulan. Seperti diketahui, akhir-akhir ini ramai sejumlah nasabah bank BRI tiba-tiba kehilangan uang di rekeningnya.

Keempat WNA tersebut adalah CAS (WN Rumania), RK alias LM (WN Rumania), IRL (WN Rumania), dan FH (WN Hungaria). Selain keempat WNA, tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, yang dipimpin AKBP Aris Supriyono dan AKP Rovan Richard Mahenu, menangkap perempuan WNI berinisial MK (29).

Penangkapan para pelaku dilakukan pada waktu dan tempat yang berbeda, yakni di De Park Cluster Kayu Putih Blok AB6 No 3 Serpong, Tangerang; Bohemia Village 1 No 57 Serpong; Hotel Grand Serpong, Tangerang; dan Hotel De'Max Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas