Trik+ Cara Mengetahui Tanggal Posting di Google Search

Author : Sigit Purnomo | Released : April 16, 2018 | Category :
Google adalah mesin telusur (search engine) paling populer dan menduduki posisi pertama sebagai mesin telusur paling banyak digunakan di internet. Google bukan satu-satunya, ada banyak sekali mesin pencari yang dapat digunakan, termasuk Yahoo, Bing, dkk.

Namun google menjadi mesin raksasa karena pengembang yang secara rutin memperbaiki fitur usang dan menambah fitur baru yang tidak dimiliki oleh mesin telusur lain. Seperti halnya menampilkan tanggal posting pada hasil pencarian google, filter hasil pencarian untuk tanggal tertentu, mengabaikan teks tertentu, mewajibkan teks tertentu, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara mengetahui kapan sebuah artikel dipublish ke internet?

Sebagian situs mendapat perhatian khusus oleh google di hasil penelusurannya, yakni tanggal posting yang di ikut sertakan di sisi kiri judul. Situs yang dimaksud adalah situs yang secara rutin mempublikasikan informasi terbaru.

Misalnya situs media / berita yang menyajikan informasi segar dan terupdate, situs musik / lagu, dan situs2 yang memiliki peringkat bagus meski tanggal postingnya sudah sangat lama, tanggal publikasi terkadang juga muncul.

Namun google memberi cara khusus untuk menampilkan tanggal posting di hasil pencariannya untuk semua situs tanpa terkecuali. Saya pikir tanggal yang diperlihatkan adalah tanggal pertama googlebot merayapi sebuah url, dan ketika artikel diupdate, maka tanggal yang ditampilkan tidak akan mengalami perubahan.

Cara Menampilkan Tanggal Posting


Cara Mengetahui Tanggal Posting di Google Search

FORMAT

  • y4 (4 tahun terakhir / y - years)
  • m3 (3 bulan terakhir / m - months)
  • w2 (2 minggu terakhir / w - weeks)
  • d9 (9 hari terakhir / d - days)
  • h8 (8 jam terakhir / h - hours)
  • n30 (30 menit terakhir / n - minutes)
  • s40 (40 detik terakhir / s - seconds)
https://www.google.com/search?as_qdr=FORMAT

Ganti FORMAT menjadi salah satu pilihan diatas.
Misalnya ingin mencari tutorial yang dipublish antara sekarang sampai maksimal 3 tahun yang lalu, maka ketik URL berikut di address bar browser Anda:

https://www.google.com/search?as_qdr=y3

Fitur ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi kapan sebuah tulisan di kirim ke internet dan dapat digunakan untuk mencari siapa yang copas dan siapa yang dicopas.

Selain itu, fitur ini akan mempermudah kalian yang ingin melihat informasi terbaru untuk keyword / kata kunci tertentu.

Anda barusaja membaca tutorial dari www.kangsigit.com terimakasih dan selamat beraktifitas kembali..

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas