Cara Transfer Free Disk (D) ke Disk (C) di Windows 7 Agar Tidak Penuh

Author : Sigit Purnomo | Released : June 08, 2018 | Category :
mengatasi disk c penuh

Beberapa tahun yang lalu saya pernah membuat tutorial tentang cara mengatasi Disk C yang tiba-tiba penuh sendiri, padahal tidak instal aplikasi baru yang ukuranya super besar.

Jika dulu untuk mengatasinya adalah dengan menghapus kumpulan file sampah / singgahan dari browser saat menjelajah internet, kini trik baru yang akan saya share lebih baik dari itu. Sebab jika hanya menghapus file sampah di Local C, itu sifatnya hanya sementara, tidak banyak berkurang, dan akan penuh kembali beberapa minggu setelah itu.

Sedangkan jika kita lihat dikebanyakan disk untuk perangkat komputer / laptop / notebook, ada minimal 2 buah disk. Yaitu Disk C dan Disk D, dan tambahan drive F untuk DVD.

Sangat tidak imbang ruang yang diberikan untuk kedua Disk ini, dimana untuk Disk C hanya diberi rata-rata dibawah 50GB, sedangkan untuk Disk D jauh lebih besar ruang / kapasitas yang diberikan. Seperti halnya di laptop saya, untuk Disk C cuma ada 43,8GB dan untuk Disk D ada 254GB total keseluruhan.

Bisa Anda lihat sendiri pada gambar pertama diatas tadi, kalian bisa lihat berapa ruang Disk C dan D sebelum dan sesudah saya transfer ruang kosongnya. Akibatnya, sekarang kinerja laptop ini menjadi lebih mantap ketimbang yang dulu, karena memang Disk C yang penuh mengurangi performa software. Seperti halnya memori telepon pada smartphone Anda.

Ada satu hal yang sebenarnya tidak bisa saya ketahui sebabnya, mengapa tiba2 Disk C full tanpa sebab. Padahal saat masih baru ditangan saya, saat itu terpakai setengah dari jumlah total ruang. Saya juga tidak menyimpan file/lagu mp3/video/aplikasi apapun yang begitu besar datanya. Tapi ya sudahlah, yang pentingkan sekarang saya sudah tahu cara memperbaikinya, dan tutorial dibawah ini sangat perlu Anda tiru jika laptop Anda mengidap penyakit yang sama dengan punya saya.

Namun sebelum itu, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk situs ini (dari negara sebelah), yang telah membuat tutorial serupa, meski dengan bahasa inggris, namun akhirnya bisa dipahami karena adanya gambar2 yang dilampirkan, dan kisah selanjutnya akhirnya saya gantian bisa berbagi informasi ini ke kalian di blog sederhana ini.

Berikut Langkah-langkah Memindahkan Sebagian Ruang Kosong Disk D ke Disk C Untuk Windows XP, 7, 8, 10.

1. Download aplikasi IM-Magic disini

2. Install aplikasi IM-Magic

3. Klik kanan pada D: (NTFS) -> pilih Resize/Move Partition

mengatasi disk c penuh


4. Tarik batas kiri D: (NTFS) kekanan 30% atau lebih

mengatasi disk c penuh
Proses ini adalah memotong sebagian ruang kosong Disk D. Klik OK untuk melanjutkan


5. Tarik batas kanan C: (NTFS) kekanan sampai mentok

mengatasi disk c penuh
Proses ini adalah menempel ruang kosong Disk D ke Disk C. Klik OK untuk melanjutkan


6. Sekarang Disk C: telah bertambah dan Disk D: telah berkurang

mengatasi disk c penuh
Klik Apply Changes untuk menyimpan


7. Masukkan key activation (kunci aktifasi)

mengatasi disk c penuh
Key activation bisa didapat dengan membeli ke pengembang aplikasi ini seharga $299 atau senilai lebih dari 4 juta rupiah. Hubungi no diatas jika ingin dapat gratis!


8. Setelah memasukkan kunci aktivasi, klik OK

mengatasi disk c penuh

mengatasi disk c penuh


9. Matikan laptop, dan Anda akan melihat ini

mengatasi disk c penuh
Ini adalah proses memindahkan free disk D ke Disk C. Memakan waktu yang cukup lama. Bisa ditunggu sambil nyiapin hidangan buka puasa.


10. Setelah proses selesai, hidupkan kembali laptop Anda, lalu lihatlah ruang Disk C dan Disk D maka pasti telh berubah.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin!!

Google+

Linkedin

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibahas